Ekonomi

Kemacetan Picu Belanja Konvensional Ditinggalkan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Belanja online menjadi hiburan tersendiri bagi para ibu muda masa kini. Namun, apakah hal ini lantas menggantikan kesenangan belanja di pusat perbelanjaan atau mal?

Psikolog Nadya Pramesrani MPsi mengatakan, bukan berarti belanja online lantas menggantikan kedudukan belanja di mal, mengingat manusia merupakan makhluk sosial sehingga pergi keluar tetap menjadi kebutuhan dan kegiatan yang menyenangkan.

“Tapi, dengan kemacetan di Ibu Kota, keterbatasan waktu, dan tingkat stres yang tinggi, ibu sepertinya tidak cukup untuk menunggu akhir pekan. Maka itu, solusinya adalah belanja online lebih less effort,” kata Psikolog Rumah Dandelion ini.

Tingkat keinginan untuk pergi ke luar, seperti akhir pekan, kian menurun karena melihat situasi jalanan yang macet. “Belum lagi, sebelum pergi, para ibu harus menyiapkan anak-anak, setelah di mal anak sulit diatur, dan berbagai masalah lain,” kata Nadya.

Baca juga :  Koperasi, Solusi Atasi Kesenjangan dan Perkokoh Ekonomi?

Situasi semacam itulah yang kemudian membuat minat belanja offline kian menyusut. Selain itu, ibu menjadi ibu pintar karena mudah membandingkan harga dan kualitas yang akhirnya membantu mereka memilih yang terbaik bagi keluarga.

Advertisement

Dalam acara bertajuk Hasil Survei: Ibu Indonesia dan Belanja Online yang diselenggarakan The Asianparent, Nadya mengemukakan beberapa tips berbelanja online agar tidak menguras kantong. Pertama, biasakan membeli barang dengan harga yang terjangkau.

Dalam survei yang dilakukan The Asianparent , harga yang dikatakan mahal adalah di atas Rp300.000 untuk golongan ekonomi menengah, terlepas dari kualitas atau brand yang ditawarkan. Agar belanja ti dak menjadi impulsif, Nadya menyarankan agar berpikir ulang sebelum memutuskan membeli suatu barang lewat online.

“Pikirkan dahulu, simpan dulu barang yang kita inginkan. Lalu, biarkan semalam, kalau besok masih kepikiran juga, bolehlah kita beli jika memang butuh,” tutur Nadya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com