Ekonomi

Kemenkop Targetkan 50 persen PLUT jadi Kampung Digital

Deputi Bidang Restrukturissi Usaha Kemenkop dan UKM, Yuana Sutyowati

CIANJUR, EDUNEWS.ID – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menargetkan 50% dari 49 Pusat Layanan Terpadu (PLUT) KUKMK bakal jadi klinik bisnis Kampung UKM Digital hasil kerjasama dengan PT Telkom.

Hal itu dikatakan Deputi Bidang Restrukturissi Usaha Kemenkop dan UKM, Yuana Sutyowati saat peresmian Kampung UKM digital, di Pusat Layanan Terpadu (PLUT ) KUKMK Cianjur, Kamis (20/10/2016).

“Secara bertahap dari 49 PLUT- KUKMK yang ada di 25 propinsi dan 24 Kabupaten diseluruh Indonesia akan jadi kampung UKM Digital, yang menjadi klinik bisnis bagi sentra usaha KUKMK setempat,” ujarnya.

Yuana mengaku target itu cukup menantang, akrena untuk mencapainya harus melihat juga kemampuan Pemda setempat yang sudah diserahi mengelola PLUT dan juga Telkom wilayah. Dari 49 PLUT KUKMK yang ada sudah 19 yang diserah terimakan kepada Pemda untuk dikelola.

Baca juga :  Mengungkap Laporan Djusman AR ke KPK yang Berujung  Penangkapan Nurdin Abdullah

“Yang jelas nantinya semua PLUT akan masuk era digitalissasi,” tegasnya.

Dengan diresmikannya PLUT- KUKMK Cianjur sebagai pusat Kampung UKM Digital di sekitar Cianjur, maka kini sudah tiga PLUT yang sudah masuk era digitalisasi, yaitu PLUT Sukabumi, Kota Banjarbaru Kalsel, dan PLUT Cianjur.

“Dalam waktu dekat akan diremsmikan Kampung UKM digital di PLUT Subang Jawabarat dan PLUT Kendar Sulawesi Tenggara,” jelas Yuana.

Dalam kesempatan itu Yuana, mewakili Menkop dan UKM juga menyerahkan sejumlah program strategis kepada pelaku UMKM di Kab Cianjur, mulai dari penyerahan Ijin Usaha Menengah Kecil (IUMK) , Nomor Induk Koperasi (NIK), Akta Koperasi, Hak Cipta sampai penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI, Bank Mandiri dan BNI.

Baca juga :  Rupiah Terpuruk, Laju Inflasi Meningkat

Yuana menambahkan, tujuan lain kerja sama pendampingan digitalisasi tersebut adalah untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing koperasi dan UMKM melalui sinergitas peran PLUT-KUMKM dengan Kampung Digital UKM Telkom.

“Selain itu juga untuk optimalisasi peran PLUT KUMKM dan Kampung Digital UKM Telkom untuk peningkatan kualitas dan akses pemasaran produk koperasi dan UMKM,” ujar Yuana.

Program Kampung UKM Digital PT Telkom merupakan katalisator terciptanya ekosistem bisnis melalui pemanfaatan Information Communication and Technology (ICT) secara komprehensif dan integratif, untuk mendukung usaha KUMKM.

“Dalam pelaksanaannya, pengembangan Kampung UKM Digital dilakukan dengan optimalisasi PLUT-KUMKM yang telah mendampingi UMKM di sentra-sentra produksi,” kata Yuana.

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com