Ekonomi

Ketua MPR : Tiga Cara Perkuat Koperasi

Menteri Puspayoga bersama Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memberikan sambutan pada Seminar Nasional dengan tema "Youth Cooperatives and the Power of Enterpreneurship and Inovation" di Universitas Padjadjaran Jatinangor Jawa Barat (10/04/2017)

BANDUNG, EDUNEWS.ID – Keberadaan koperasi di Indonesia harus diperkuat sebab koperasi merupakan wujud sistem ekonomi Pancasila.

Hal itu ditegaskan Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam pembukaan semiloka Koperasi Pemuda Indonesia, Senin (10/4/2017) di Bandung. Zulkifli mengatakan UUD 1945 dalam pasal 33 ayat 1 menyatakan Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

“Oleh sebab itu, soku guru perekonomian kita yang paling tepat adalah koperasi. Koperasi jangan dibiarkan mengalami tarung bebas melawan liberalisme dan kapitalisme,” tegasnya.

Untuk itu, Zulkifli menyarankan agar koperasi ikut dalam segala hal yang menguasai kebutuhan hidup orang banyak. Hal itu akan menunjukkan keberpihakan negara terhadap koperasi.

Advertisement

Dia menuturkan ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat koperasi, yaitu mengembalikan pengelolaan sembilan bahan pokok ke Bulog, dan Bulog melakukan kerjasama dengan koperasi untuk sumber produksi dan dalam hal distribusi. Melibatkan koperasi dalam semua proyek-proyek pemerintah daerah. Membantu permodalan dan manajemen koperasi bekerjasama dengan bank.

“Jika ketiga hal ini dilakukan, saya yakin koperasi akan tumbuh pesat sehingga kesejahteraan meningkat,” tegasnya.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com