Ekonomi

Pemerintah Buka-bukaan soal Tunjangan Guru Disetop

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku belum mengetahui soal penghentian penyaluran dana untuk transfer Tunjangan Profesi Guru (TPG), Tunjangan Khusus Guru (TKG), dan Dana Tambahan Penghasilan Guru (Tamsil).

“Saya tidak mendengar itu dihentikan,” ujar Sri Mulyani di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (9/8/2018). Menurutnya, Kementerian Keuangan tengah menghitung kembali jumlah anggaran tunjangan guru di setiap daerah.

“Yang ada adalah penghitungan kembali secara akurat mengenai jumlah yang ada dan berapa yang akan dibayar sesuai dengan jumlah yang ada,” jelas dia.

Sekadar informasi, penghentian penyaluran dana ini merujuk kepada surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat nomor 44471/A.A1.1/PR/2018 tanggal 16 Juli 2018 mengenai Permohonan Penghentian Transfer Tunjangan Profesi Guru (TPG), Tunjangan Khusus Guru (TKG), dan Dana Tambahan Penghasilan Guru (Tamsil) melalui DAK Nonfisik Tahun 2018 yang menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat dimaksud menyampaikan permohonan penghentian transfer TPG, Tamsil, dan TKG mulai triwulan I dan triwulan II TA 2018 untuk provinsi/kabupaten/kota sebagaimana terdapat dalam lampiran.

2. Permintaan penghentian penyaluran dimaksud didasarkan atas perhitungan hasil rekonsiliasi Dana Tunjangan Guru PNSD yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan-Kemendikbud, DirektoratJenderal Perimbangan Keuangan-Kemenkeu, dengan,melibatkan Dinas Pendidikan dan Dinas Pengelolaan Keuangan Provinsi/Kabupaten/Kota.

Rekonsiliasi dilaksanakan dalam rangka mengidentifikasisisa dana di RKUD dan kurang bayar TA 2017 pada bulan April sampai dengan Mei TA 2018. Dari hasil rekonsiliasi tersebut ditemukan adanya daerah yang menolak penyaluran TKG, dan/atau tidak sepenuhnya merealisasikan TPG, Tamsil, dan TKG sehingga menyisakan dana di RKUD yang mencukupi kebutuhan pembayaran tunjangan selama tahun 2018.

3. Penghentian penyaluran TPG, Tamsil, dan TKG merupakan bentuk pengendalian penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 225/PMK.07/2017 dengan maksud mengoptimalkan penggunaan dana dan meminimalisir sisa dana di RKUD berdasarkan rekomendasi kementerian teknis terkait.

4. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka kepada daerah yang direkomendasikan penghentian salur untuk menggunakan sisa dana di RKUD guna memenuhi kebutuhan pembayaran TPG, Tamsil, dan TKG selama tahun 2018.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!