Ekonomi

Pemerintah Dorong Koperasi Buat AD/ART Berkualitas

YOGYAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Koperasi  dan Usaha Kecil dan UKM (Kemenkop) Asisten Deputi Pemeriksaan Usaha Simpan Pinjam, Deputi Bidang Pengawasan, Kemenkop dan UKM, Achmad H Gopar meminta kepada seluruh koperasi agar membuat Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang berkualitas.

Hal tersebut disampaian pada acara Sosialisasi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) dan Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (USPPS) di Yogyakarta, Kamis (22/9/2016).

“Sebagian besar koperasi di Indonesia AD/ART-nya sama. Hal itu terjadi karena saling nyontek atau copy paste,” kata dia.

Ia menegaskan, AD/ART merupakan acuan dasar koperasi berusaha. Kalau acuannya saja salah maka perjalanan atau kegiatan koperasi tidak benar.

Baca juga :  Kemenkop UKM Bersama Dekranas Dorong Pengembangan Batik Ternate

Menurut Achmad, selain AD/ART, koperasi juga penting membuat Peraturan Khusus (Persus) seperti Persus pedoman penyusunan produk-produk hukum internal koperasi, Persus tentang sisten penggajian dan bonus karyawan.

Menurut data Kemenkop, sampai saat ini jumlah koperasi secara nasional adalah 209.488 buah. Dari jumlah ini yang aktif sebanyak 147.249 buah dan yang tidak aktif sebanyak 62.239 buah.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!