Ekonomi

Pengusaha Minta Pemerintah Perjelas Definisi Persaingan Usaha Tidak Sehat

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendorong agar pemerintah dan DPR mempertegas definisi tentang persaingan usaha di dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Pasalnya, menurut mereka pasal tersebut dianggap belum jelas.

Ketua Kebijakan Publik Apindo Danang Girindrawardana mengatakan, dalam UU tersebut tidak dijelaskan seperti apa kriteria persaingan tidak sehat di antara para pengusaha. Menurut dia, definisi yang ada cenderung subjektif.

“Tidak ada kriteria yang menjelaskan mana sih yang disebut persaingan tidak sehat, cara marketing seperti apa, cara dominasi pasar seperti apa. Itu membuat kami di dunia usaha khawatir,” kata Danang usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantornya, Kamis (20/10/2016).

Baca juga :  Kemenristek Dikti Akan Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Ia menilai wajar apabila banyak pengusaha yang khawatir dengan ketidakjelasan itu.

Ditambah, saat ini ada tujuh perusahaan yang telah ditegur Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha karena disinyalir melakukan praktik persaingan tidak sehat.

Ia menuturkan, dengan adanya kriteria yang jelas, tentu para pengusaha akan mawas diri dalam menjalankan usaha mereka. Namun saat ini kriteria itu masih belum jelas.

“Sekarang ini kan belum jelas mana kriteria yang disebut melanggar, kriteria mana yang disebut patuh. Kita harapkan lebih detil nanti,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia berharap agar wewenang KPPU ditambah. Tak hanya memutuskan perkara antara perusahaan satu dengan perusahaan lain, tetapi juga dapat menjadi wasit apabila perusahaan berurusan hukum dengan pemerintah.

Baca juga :  IKK di Jawa Naik, Namun di Kalimantan dan Sulawesi Menurun

Ia meminta KPPU dapat dimintai pendapat oleh pengadilan layaknya sidang arbitrase.

 

[ Sumber : Kompas ]

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!