Ekonomi

Satgas Pangan Klaim Harga Bawang Merah Berangsur Stabil

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua Satgas Pangan Daniel Tahi Monang mengklaim harga bawang merah di sejumlah daerah di Indonesia sudah berangsur stabil. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut rata-rata harga komoditas tersebut masih di kisaran Rp51 ribu per Kg.

Ia mengakui, harga bawang merah memang sempat melambung hingga Rp70 ribu per Kg pada April lalu.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari terhambatnya distribusi pasokan ke sejumlah wilayah yang menerapkan PSBB serta tindakan distributor yang menahan pasokan.

“Bawang merah sempat kemarin naik sampai Rp70.000 Tapi sekarang sudah relatif stabil. Di Jawa Timur itu Rp24 ribu kemudian di Indonesia bagian Timur sudah Rp40 ribu,” ujarnya dalam siaran live di CNNIndonesia TV.

Baca juga :  Rupiah Terpuruk, Laju Inflasi Meningkat

Daniel juga memastikan bahwa Satgas Pangan bakal terus memantau ketersediaan bawang merah, baik di pasar tradisional maupun ritel modern.

Saat ini, pihaknya masih melakukan upaya persuasif terhadap distributor agar tak menahan pasokan agar harga tak naik.

Kendati demikian, kata dia, tak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika menemukan aksi spekulan di lapangan.

“Sejauh ini, mereka distributor mematuhi teguran-teguran itu meskipun memang ada beberapa yang harus kami lakukan penindakan,” tuturnya.

Penindakan yang dimaksud mulai dari penutupan tempat usaha hingga menjerat dengan pasal pidana.

“Misalkan kami melakukan police line di lokasi, lalu kami lakukan pemanggilan ke kantor. Ada beberapa yang sudah (ditindak). Data kemarin sudah 17 kali kami melakukan penindakan secara hukum. Ada yang di Jakarta ada yang di luar Jakarta juga,” ujarnya.

Baca juga :  Harga Saham Jatuh, Kekayaan Negara di PGN Menguap

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menyoroti tingginya harga bawang merah di tengah pandemi Covid-19. Harga rata-rata bawang merah di tingkat nasional disebut mencapai Rp51 ribu per kg atau jauh di atas harga acuan yang ditetapkan pemerintah yakni Rp32 ribu per kg.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com