Ekonomi

Tembus Pasar Global UKM Harus Giat Ikut Pameran

PROBOLINGGO, EDUNEWS.ID – Pemerintah dalam hal ini sejumlah kementerian termasuk Kemenkop dan UKM yang memiliki alokasi dana pameran, akan membantu UKM berpotensi untuk bisa berpartisipasi dalam sejumlah ajang pameran internasional.

Menkop dan UKM Puspayoga menyarankan UKM mesti giat mengikuti pameran di luar negeri untuk bisa menembus pasar global.

“Sekarang lagi dibahas dan diupayakan, bagaimana menyatukan dana pameran masing-masing kementrian untuk menjadi satu, sehingga akan lebih banyak UKM yang bisa ikut pameran di luar negeri, atau menyewa stand yang lebih besar untiuk stand galeri Indonesi,” ujar Menkop Puspayoga, usai pelepasan ekspor KUKM produk furniture etnik ke Amerika Serikat, di Probolinggo Jatim, Sabtu (8/4/2017).

Baca juga :  Kemenkop Targetkan 50 persen PLUT jadi Kampung Digital

Ekspor itu berupa pigura dan meja etnik senilai 20.428 dollar AS. Keunikan produk ini karena dibuat dari bahan kayu bekas kapal laut, yang diolah lagi menjadi aneka furniture.

Kesan etnik didapat karena pigura yang dihasilkan bergambar foto-foto rakyat Indonesia dimasa lalu.

Puspayoga menjelaskan, selain giat mengikuti pameran,  para pelaku UKM harus pandai mengikuti trend global yang selalu berubah dari tahun ke tahun.

Bussiness follow the people, artinya kita harus mengikuti selera pasar,” ujarnya.

Pembeli luar negeri sangat menyukai produk-produk tangan (hand-made) dari Indonesia.

“Seperti yang dilakukan pak Irianto ini, bahan bakunya yang dari kayu bekas (eks kapal kayu), bisa diolah menjadi produk bernilai tinggi dengan nuansa etnik,” jelas Menkop.

Baca juga :  Jokowi Bilang Indonesia Rugi Rp 65 Triliun, ini Akibatnya

Kemampuan menciptakan produk unik dan etnik ini yang lantas digabungkan dengan strategi marketing yang jitu lewat pameran, media online, harga yang bersaing dan pemilihan produk, menjadi kunci UKM menembus pasar global.

 

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com