Ekonomi

Temu Mitra, Komitmen Pemda Majukan KUKM

TASIKMALAYA, EDUNEWS.ID – Sebanyak 38 usaha besar (30 ritel moderen dan delapan hotel berbintang) yang ada di wilayah Tasikmalaya melakukan temu mitra dengan kalangan koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (KUMKM).

Usaha ritel modern itu diantaranya Lotte Grosir, Asia Plaza, Yogya Departement Store, Alfaria, Indomarko, dan sebagainya. Sementara kedelapan hotel berbintang adalah Hotel Santika, Horison, Harmoni, Srikandi, Crown, Asri, Flamboyan, dan Hotel City.

Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementrian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati mengatakan, hal ini juga dilakukan sebagai komitmen dari pengusaha besar untuk bermitra dengan KUMKM, pemberian ISO 2008, dan SNI kepada tiga KUKM serta penyerahan sertifikat tanah bagi usaha mikro.

Baca juga :  Nikmati 'Santai Kaya Dipantai' di Cafe Lopi Panakkukang

Yuana menyatakan bahwa kehadiran para peritel modern dan hotel berbintang pada acara ini menunjukkan keberpihakan dan kepedulian Pemda dan stakeholder untuk memajukan KUMKM yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

“Kegiatan ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam mendorong KUMKM semakin berkembang”, tegas Yuana pada acara Forum Koordinasi dan Konsultasi Kemitraan dan Pendampingan KUMKM di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (31/3/2017).

Menurut Yuana, kegiatan ini juga sebagai wujud implementasi sinergi yang sudah terjalin dengan Lotte Mart Wholesale dalam bentuk MoU. Pertama, Bazar UKM secara berkala di lokasi yang disiapkan Lotte Mart di beberapa Lotte di Indonesia.

“Setiap bazar akan memfasilitasi sekitar 30-50 UKM yang bergerak di sektor makanan, minuman, kerajinan, dan fesyen”, jelas Yuana.

Baca juga :  Promosikan Alat Musik Lokal Kuasai Pasar Global

Kedua, Beranda UKM yang merupakan display pameran produk KUKM di gerai Lotte Mart Grosir. Untuk tahun 2017 direncanakan akan diadakan di empat lokasi Lotte Mart Wholesale.

“Ketiga, tenant atau pemasok produk dari KUKM sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Lotte Mart Wholesale secara periodik”, papar Yuana.

Di samping itu, lanjut Yuana, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman KUKM dalam menghadapi  persaingan yang semakin ketat. Juga mampu menangkap peluang pengembangan kemitraan dengan usaha (peritel) besar, serta pengembangan pasar domestik dan ekspor khususnya ke pasar Asean.

“Kegiatan tahun 2017 akan diarahkan sebagai pemantapan program yang difokuskan pada penguatan pasar dalam negeri dan pasar ekspor. Dengan program pendampingan diharapkan produk KUMKM di wilayah Tasikmalaya siap berkompetisi di era perdagangan bebas MEA”, kata Yuana lagi.

Baca juga :  Kemenkop Dorong Produk UKM Masuk Ke Pasar Global

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com