Ekonomi

Wow, 800 Juta Pekerjaan Bakal Digantikan Robot

JAKARTA, EDUNEWS.ID-Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono mengatakan bahwa pada 2030 akan ada 800 juta tenaga manusia di dunia yang digantikan dengan robot. Untuk itu, dia meminta agar pemerintah juga memikirkan hal ini, terlebih munculnya Covid-19 mempercepat datangnya teknologi masa depan.

“Tren investasi yang terjadi pada akhir-akhir ini lebih cenderung pada padat modal. Artinya, setiap dolar yang masuk akan menciptakan lapangan kerja yang lebih sedikit. Mereka (investor) akan lebih menggunakan tenaga permesinan atau robot,” katanya dalam diskusi secara daring, Rabu (2/9/2020).

Advertisement

Menurut dia, sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tumbuh dengan cepat sehingga menjadi tren di seluruh dunia saat. Akibatnya, akan banyak pemutusan hubungan kerja (PHK) ke depannya.

“Ini yang mesti dipikirkan oleh pemerintah karena akan banyak PHK nantinya. Pemerintah harus menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi yang kena PHK dan 2,3 juta orang per tahun baru yang mencari kerja,” jelasnya. Lebih lanjut, dia pun mengusulkan pemerintah harus mendorong agar masyarakat mau berwirausaha. (int/sind)

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com