News

Gaji tak Dibayar, Guru Honorer Ngadu ke DPRD

SIMALUNGUN, EDUNEWS.ID – Para guru yang tergabung dalam Forum Guru Honorer Simalungun (FGHS) mengeluhkan gaji yang belum dibayar dan pemutusan hubungan kerja pada Juli 2016 lalu. Padahal, mereka mengatakan sudah dikontrak untuk satu tahun masa kerja.

Kepala Dinas Infokom Simalungun Akmal Siregar membantah tuduhan tersebut. Ia menjelaskan permasalahan itu berawal di tahun 2015, saat itu Kabupaten Simalungun dipimpin oleh Plt Bupati Simalungun Binsar Situmorang.

Saat kepemimpinan Plt Bupati Simalungun tersebut,  Plt Bupati hanya menandatangani menampung anggaran penggajian honorer hanya enam bulan saja.

“Kita sendiri tidak tahu, kenapa pak Plt bupati hanya menandatangani penggajian honorer itu hanya enam bulan saja pada APBD tahun 2016. Makanya gaji guru honorer tersebut hanya keluar selama enam bulan saja,”  ucapnya saat menerima audensi FGHSIL di Kantor DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (26/4/2017).

Baca juga :  Melemah, Rupiah Sentuh Rp 14.265/US$

Akmal mengatakan tidak benar ada tuduhan Bupati Simalungun JR Saragih menahan dan ‘memakan’ gaji para honorer tersebut.  Sebab sebutnya lagi, seluruh gaji honorer tersebut hanya ditandatangani oleh PLt selama enam bulan saja.

“Cuman enam bulan yang ditandatangani, dan itu bukan untuk honorer guru saja. Tapi berlaku juga untuk semua honorer yang ada di pemkab Simalungun dan itu semua bukan pak bupati (JR Saragih) yang menandatanganinya. Sebab saat itu pak bupati menjabat dari 2010 sampai dengan 2015 dan saat menandatangani anggaran tersebut pak Plt bupati saat itu,” ucapnya.

Ia juga heran, padahal sudah berkali-kali menjelaskan permasalahan tersebut kepada para guru honorer itu. Namun para honorer itu, masih juga menuntut.

Baca juga :  PGRI : Permasalahan Guru Honorer Segera Diselesaikan

“Sudah kita jelaskan, baik itu secara langsung dan dengan DPRD Simalungun. Tapi tetap saja mereka menuntut,” ucapnya lagi.

EDUNEWS.ID

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com