News

GE dan Vattenfall Luncurkan Komponen Turbin Gas GT13E yang Pertama Diproduksi dengan Teknologi Aditif

 

SWITZERLAND, EDUNEWS.ID— GE Power (NYSE: GE) dan Vattenfall Wärme Berlin AG — anak perusahaan utilitas Swedia Vattenfall AB — hari ini, Rabu (18/7/2018) mengumumkan MXL2 baru dengan Additive Manufactured Performance (AMP) — solusi pertama di dunia untuk pemutakhiran turbin gas GE GT13E2 dengan menggunakan komponen utama yang diproduksi menggunakan teknologi aditif. 

Penggunaan suku cadang yang dibuat dengan teknologi aditif ke dalam solusi MXL2 merupakan era baru dalam industri pembangkit listrik global dan menegaskan komitmen GE untuk menjaga pembangkit listrik terpasang tetap kompetitif dalam pasar yang sangat dinamis saat ini. 

Teknologi baru ini dapat membantu perusahaan pembangkit listrik gas menghemat hingga $2 juta biaya bahan bakar setiap tahun, dan memberikan potensi pendapatan tambahan hingga $3 juta per tahun dalam bentuk tambahan kapasitas daya baru. Berita hari ini juga menandai pengumuman investasi ketiga yang dilakukan GE Power selama enam minggu terakhir dalam bisnis Power Service.

Baca juga :  Pemprov Lampung Terima 33 Lulusan IPDN

“Kami terus berinvestasi dalam teknologi baru untuk menjaga agar semua pembangkit listrik yang sudah terpasang tetap kompetitif: MXL2 baru dengan pemutakhiran AMP tidak dapat dibuat dengan metode konvensional dan merupakan solusi pertama dari jenisnya dengan penggunaan komponen yang diproduksi dengan teknologi aditif, ” kata Scott Strazik, President dan CEO GE Power Service, dalam keterangannya, Rabu (18/7/2018).

Karena komponen ini dibuat dengan konfigurasi yang ringan dan dapat direkayasa untuk menyertakan saluran pendinginan canggih, sehingga membantu turbin gas beroperasi secara lebih efisien, merupakan standar baru dalam teknik dan produksi turbin. 

“Penghematan ini langsung berpengaruh kepada peningkatan kinerja dan memungkinkan operator turbin untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dan kapasitas daya yang lebih besar. Kami gembira dapat menghadirkan teknologi ini ke dalam armada GT13E2 kami, yang kami adopsi dari Alstom pada tahun 2015.” katanya.

Baca juga :  Ini Penyebab Mengapa CPNS Sulit Masukkan NIK Saat Akses SSCN

MXL2 baru dengan AMP mencakup dua komponen yang diproduksi oleh tim GE Additive Manufacturing Works (AMW) di Birr, Swiss, dan Greenville, South Carolina, Amerika Serikat: baling-baling turbin tingkat pertama dan perisai panas. 

Advertisement

Bagian-bagian ini termasuk komponen turbin yang paling panas, dan penggunaan sejumlah besar udara pendingin yang secara tradisional dibutuhkan telah berdampak pada kinerja mesin. Pencetakan aditif memungkinkan GE untuk menggunakan desain pendinginan canggih yang sangat mengurangi jumlah udara pendingin dan jumlah komponen yang dibutuhkan, meningkatkan kinerja turbin dan memungkinkan operator pembangkit listrik mendapatkan manfaat penghematan jutaan dolar per tahun.

Teknologi terobosan dapat secara signifikan meningkatkan output dan efisiensi turbin gas GT13E2 yang ada. Ia mampu:

• Mengurangi kebutuhan pendinginan komponen hingga 25 persen.

• Meningkatkan output hingga 21 megawatt (MW) dalam konfigurasi combined-cycle.

• Mencapai peningkatan efisiensi hingga 1,6 persen dalam konfigurasi siklus gabungan.

• Memberikan interval pemeliharaan hingga 48.000 jam.

Standar Terbaru dalam Teknologi Aditif di Pembangkit Listrik Heagkraftwerk, Berlin-Mitte milik Vattenfall

MXL2 dengan pemutakhiran AMP merupakan realisasi dari komitmen jangka panjang GE untuk teknologi manufaktur aditif. Vattenfall mulai mendukung teknologi ini pada tahun 2015 dengan pemasangan empat komponen cetak 3D yang berbeda di pembangkit listrik Heizkraftwerk Berlin-Mitte di dekat ibu kota Jerman, Berlin.

“Kami memiliki hubungan jangka panjang dengan GE,” kata Dietmar Kodim, Gas Turbine Asset Management LeaderVattenfall Wärme Berlin AG. 

“Selama lebih dari 20 tahun, kami telah bergantung pada teknologi GE / Alstom, dan kami bangga bekerja sama dengan GE untuk memasang pemutakhiran GT13E2 pertama di dunia yang dibuat dengan teknologi aditif. Solusinya akan membantu kami meningkatkan efisiensi panas dan produksi listrik di Berlin. ” jelasnya.

Pemutakhiran AMP merupakan kontributor penting dalam mencapai tujuan bisnis strategis Vattenfall Wärme Berlin AG dalam hal manajemen energi. 

Peningkatan ini akan memungkinkan Heizkraftwerk Vattenfall Berlin-Mitte untuk meningkatkan daya listrik sekitar 21 MW dan panas termal yang dihasilkan sekitar 4 MW. Efisiensi turbin gas GT13E2 akan ditingkatkan sekitar 2,5 persen. 

Selain itu, pembangkit listrik akan memperpanjang interval inspeksi utamanya sekitar dua tahun.

RLS 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com