Hukum

Berantas Narkoba, TNI akan Dilibatkan

ILUSTRASI

 

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso, akan berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, meminta bantuan TNI dalam pemberantasan narkoba. Pelibatan personel TNI itu di bawah naungan dan perlindungan hukum Kepala BNN langsung.

“Meski saat ini sudah ada dua perwira menengah (pamen) aktif TNI yang masuk dalam struktur pimpinan BNN, namun kami masih membutuhkan banyak personel TNI dalam memberantas narkoba,” kata Buwas, panggilan akrab Budi Waseso saat ditemui di acara pemusnahan sabu di Gedung BNN Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Sebelumnya, BNN telah melantik dua pamen TNI, yakni Letkol CPM Ivan Eka Satya sebagai Kepala BNN Cimahi dan Letkol Laut CPM Agus Musrichin sebagai Kepala BNN Kota Malang. Ditanya berapa jumlah personel TNI yang dibutuhkan, Buwas enggan menjawab.

Baca juga :  Pembekalan Calon Perwira, Mega Ingatkan TNI Jangan Berpolitik

“Soal berapa (jumlah yang dibutuhkan) itu rahasia saya. Kalau dikasih tahu, nanti bandar bisa ancang-ancang (mengantisipasi),” ujar Buwas.

Bila banyak personel TNI yang terlibat di BNN, hal itu akan memudahkan BNN untuk melakukan operasi pemberantasan narkoba. “Kita lihat saja, tidak satu-satu, maunya bikin kejutan,” ujar Buwas.

Buwas menegaskan bahwa pihaknya siap bertanggung jawab bila nanti ada kesalahan prosedur dalam pemberantasan narkoba. “Jikalau nanti TNI mengalami kesalahan dalam pemberantasan di lapangan atau tindakan, saya yang akan langsung bertanggung jawab,” kata Buwas.

Buwas menjamin pelibatan TNI tersebut berada langsung di bawah wewenangnya. “TNI melakukan tindakan langsung di bawah naungan dan perlindungan hukum BNN. Yang pasti untuk penanggung jawab utamanya adalah Kepala BNN,” tukas Buwas.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!