Hukum

Firli Bahuri Ungkap Sejumlah Buronan KPK Ada di Luar Negeri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan sebanyak tiga dari tujuh buronan atau tersangka yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) berada di luar negeri. Sementara terkait empat DPO lainnya, ia mengaku belum mengetahui keberadaannya.

“Terkait dengan DPO. Dari tujuh, itu kami pastikan kalau tiga orang itu ada di luar Pak karena memiliki permanent residence di luar. Tapi kalau yang empat orang kami tidak bisa memastikan apakah masih di Indonesia atau di luar negeri,” kata Firli dalam Rapat Kerja di Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (10/3/2021).

Lebih lanjut, ia belum bisa memastikan apakah tujuh buronan tersebut masih hidup atau tidak saat ini. Firli mengaku belum menerima kabar yang menyebutkan tujuh buronan tersebut meninggal dunia hingga saat ini.

“Sampai hari ini belum ada kabar berita ada seseorang para DPO itu yang dikuburkan karena meninggal dunia, dan belum juga kita menemukan nisan di mana dia dimakamkan dan siapa yang memakamkan,” tutur Firli.

Penjelasan Firli ini disampaikan untuk merespons pertanyaan anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sarifuddin Sudding yang mempertanyakan kinerja dalam mengejar tujuh buronan.

Sudding sempat membeberkan bahwa inisial tujuh buronan KPK itu adalah HM, KK, SN, ISN, IH, SJ, dan ST.

“Ada beberapa yang masih DPO, dalam kaitan menyangkut masalah kasus-kasus yang ditangani oleh KPK masih ada 7 DPO Pak, ada 10 DPO tiga orang yang sudah ditangkap dan masih ada 7 yang menjadi DPO dalam kaitan menyangkut masalah perkara yang ditangani oleh KPK,” ungkap Sudding.

Sudding pun meminta KPK memberikan penjelasan soal keberadaan tujuh buronan tersebut agar tidak menjadi polemik di tengah masyarakat.

“Saya kira ini perlu dijelaskan supaya tidak memunculkan pertanyaan di publik karena kalau dilihat latar belakangnya para DPO ini juga kan seorang yang ya kita tahulah ya, ini HM juga kan orang dari sana. Apakah ada kekuatan besar di baliknya sehingga sampai sekarang belum ditemukan ini orang ini,” tutur Sudding.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengklaim pihaknya masih memburu eks calon legislatif PDIP, Harun Masiku, yang telah melarikan diri selama 14 bulan.

Alex berujar KPK terus berupaya menuntaskan penanganan kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 yang menjerat Harun.

“Kita sudah membentuk Satgas [Satuan Tugas] khusus untuk pencarian DPO. Kami sudah membentuk dua Satgas. Karena bukan hanya Harun Masiku yang kami cari, tapi ada yang lainnya. Kita tetap berusaha cari yang bersangkutan, bahkan sudah libatkan pihak kepolisian,” ujar Alex saat ditemui di markas KPK, Jakarta Selatan, Selasa (2/3/2021).

cnn

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com