Hukum

KPK Jebloskan Aspri Mantan Menpora Imam Nahrawi ke Lapas Sukamiskin

Ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjebloskan Asisten pribadi eks Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ke Lapas Sukamiskin, menindaklanjuti putusan Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor: 28/PID.SUS-TPK/2020/PT DKI tanggal 25 September 2020.

Terkait kasus korupsi dana hibah Kemenpora kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Miftahul Ulum ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Sukamiskin, Bandung.

“Jaksa Eksekusi KPK Rusdi Amin telah melaksanakan putusan Pengadilan Tipikor atas nama Terpidana Miftahul Ulum dengan cara memasukkan ke Lapas Klas IA Sukamiskin,” kata Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Jumat (27/11/2020).

Ulum dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut terkait dana hibah Kemenpora kepada KONI.

Baca juga :  Kata Kakanwil Kemenkumham Hingga Kapolda Sumut Soal Lapas yang Over Kapasitas

Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menjatuhkan vonis terhadap Ulum dengan pidana 6 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan. Putusan banding ini lebih berat daripada pengadilan tingkat pertama yang menghukum Ulum 4 tahun penjara.

Advertisement

Hukuman penjara 6 tahun diketahui masih lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK yang meminta Ulum dihukum sembilan tahun bui serta denda Rp300 juta subsider enam bulan kurungan.

Ulum bersama-sama dengan Imam Nahrawi terbukti menerima Rp11,5 miliar dari Sekretaris Jenderal KONI Ending Fuad Hamidy dan Bendahara Umum KONI Johnny E Awuy. Suap ini untuk mempercepat persetujuan dan pencairan bantuan dana hibah yang diajukan KONI kepada Kemenpora tahun kegiatan 2018.

Rinciannya berkaitan dengan pelaksanaan tugas Pengawasan dan Pendampingan Program Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional pada Multi Event 18th Asian Games dan 3rd Asian Para Games 2018.

Selain itu, terkait Proposal Dukungan KONI dalam rangka Pengawasan dan Pendampingan Seleksi Calon Atlet dan Pelatih Atlet Berprestasi Tahun 2018.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com