Hukum

Polri : Hoaks MCA Bermotif Politik

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Satuan Tugas (Satgas) Nusantara Mabes Polri mengungkapkan penyebaran berbagai berita palsu (hoax) yang dilakukan grup Muslim Cyber Army (MCA) di media sosial bermotif politik. “Motifnya politik,” kata Ketua Satgas Nusantara Polri, Irjen Gatot Eddy Pramono, di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Menurut dia, berbagai berita palsu berisi fitnah, ujaran kebencian, dan isu penyerangan terhadap ulama sengaja disebarkan di medsos agar menimbulkan keresahan di masyarakat sehingga terjadi perpecahan yang pada akhirnya mengakibatkan konflik sosial.

“Dengan menyebarkan isu hoax, mereka berharap dapat mendegradasi pemerintahan yang sah, menimbulkan keresahan di masyarakat, memecah belah bangsa yang akhirnya menimbulkan konflik sosial yang besar,” kata Gatot yang juga Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Ekonomi.

Baca juga :  Dahlan Iskan Dibebaskan

Dia menambahkan, dari 45 kasus penyerangan ulama, hanya tiga yang benar-benar terjadi dan sisanya hanya info palsu. “Dari 45 peristiwa, tiga kejadian betul-betul terjadi, 42 peristiwa hoax,” paparnya.

Advertisement

Ia menjelaskan, 42 peristiwa tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yakni peristiwa yang direkayasa, peristiwa tindak pidana umum namun diviralkan di media sosial seolah-olah korbannya ulama dan pelakunya orang gila, serta peristiwa yang tidak terjadi sama sekali, namun disebarkan di medsos seolah-olah terjadi penyerangan terhadap ulama.

Sementara itu, tiga peristiwa nyata penyerangan terhadap ulama terjadi di Jawa Barat sebanyak dua kasus dan di Jawa Timur satu kasus. Dari pendalaman ketiga kasus tersebut, Gatot mengatakan polisi belum menemukan keterkaitan antara peristiwa satu dengan yang lain.

“Kami belum menemukan korelasi antara peristiwa satu dan peristiwa yang lain baik di Jatim dan Jabar,” ujar Gatot. Namun pada 42 kejadian hoax di medsos, pihaknya menemukan keterkaitan antara peristiwa hoax satu dengan yang lain. “Yang di medsos, kami temukan keterkaitan,” katanya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com