Hukum

Sekjen GP Ansor Mengaku Diperintah Gus Yaqut Laporkan Gus Nur

Gus Nur

JAKARTA, EDUNEWS.IDSekretaris Jenderal Pimpinan Pusat (Sekjen PP) GP Anshor, Abdul Rahman

mendapatkan perintah langsung dari Ketua GP Anshor, Yaqut Cholil Qoumas untuk melaporkan dugaan ujaran kebencian terhadap NU yang dilakukan Gus Nur ke polisi.

Peryataan tersebut diutarakan dalam persidangan saat memberikan kesaksian.

Awalnya, Tim Penasihat Hukum Gus Nur, mencecar Abdul. Lantaran, Abdul yang pertama kali mengetahui adanya video diskusi pakar hukum tata negara Refly Harun dengan Gus Nur.

“Apakah dengan adanya penyataan atau rekaman video saudara sebagai anggota NU merasa nama baik NU dicemarkan?,” tanya tim penasihat hukum, Selasa (2/2/2021).

Abdul mengaku dalam video itu, menganggap ada sebagian pernyataan kalau Gus Nur diaggap menghina NU. “Tentu saja,” jawab Abdul.

Baca juga :  Kunjungi Riau, SBY Minta Semua Atribut Partai Demokrat Diturunkan

Tim penasihat hukum kembali mencecar Abdul. Apa tindakan selanjutnya setelah melihat video itu. Ia pun mengaku langsung melaporkan kepada Yaqut yang kini telah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Agama.

“Setelah mengetahui video itu, beberapa saat kemudian, dalam pertemuan pertama dengan ketum GP Ansor (Yaqut) saya melaporkan,” tutur Abdul

Setelah melihat video itu, kata Abdul, Ketua GP Anshor Yaqut memerintahkan untuk ditindaklanjuti dengan membut laporan ke polisi.

“Ketua GP Anshor Yaqut menyatakan ini harus diproses secara hukum, dan menunjuk LBH GP Ansor memprosesnya,” tutur Abdul

Abdul mengaku hanya diperintah menjadi saksi pelapor. Ia, tak membuat laporan itu. Lantaran, Yaqut langsung menunjuk tim hukum GP Anshor.

Baca juga :  'Di Negara Pancasila ini Tidak Ada Kewajiban Calon Presiden Bisa Baca Ayat-ayat Alquran'

“Saya diminta untuk jadi saksi pelapor,” ujar Abdul.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya, menghadirkan saksi-saksi, dalam sidang dugaan kasus ujaran kebencian yang dilakukan Sugi Nur Raharja atau Gus Nur di PN Jakarta Selatan, pada Selasa (2/2/2021) ini.

dtk

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com