Hukum

Sidang Perdana PK Ahok Digelar Senin Depan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Sidang perdana peninjauan kembali (PK) perkara pidana penodaan agama atas nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dilaksanakan pada Senin depan (26/2/2018), di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jootje Sampaleng, menjelaskan sidang tersebut akan bersifat terbuka.

“Majelis Hakimnya sudah ditetapkan, yakni Mulyadi, Salman Alfaris, dan Tugiarto, serta dengan panitera Bobi,” ujar Jootje, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gadjah Mada, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk lamanya waktu persidangan PK belum dapat dipastikan. Menurutnya, hal itu tergantung seberapa banyak novum baru (barang bukti), kekhilafan hakim, atau pertentangan putusan yang ditemukan oleh kuasa hukum Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dan diajukan ke persidangan.

Baca juga :  Apakah Uang Suap Taufik juga Mengalir ke Partai?, ini kata KPK

Ahok telah menyerahkan salinan berkas memori Peninjauan Kembali itu kepada Mahkamah Agung Republik Indonesia. Berkas diserahkan melalui PN Jakarta Utara pada tanggal 2 Februari 2018. Dalam berkas tercantum nama kantor pengacara Law Firm Fifi Lety Indra & Partners.

Advertisement

Jootje menerangkan, belum bisa memastikan kedatangan Ahok pada sidang perdana tersebut. Menurutnya, hal itu tergantung dari keputusan tim kuasa hukum yang bersangkutan.

Terkait alasan Ahok mengajukan PK, Jootje Sampaleng mengatakan pihak Ahok menilai hakim khilaf saat memvonis Ahok. “Kesimpulannya, mereka (tim kuasa hukum Ahok) menilai ada kekhilafan hakim atau kekeliruan yang nyata,” kata Jootje.

Meski demikian, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan apabila tim kuasa hukum Ahok dapat memberikan bukti-bukti baru atau novum. “Mereka akan sampaikan apakah ada bukti-bukti tambahan yang lain, nanti kita lihat pada acaranya,” kata Jootje.

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com