Internasional

124 Orang Tewas akibat Kecelakaan Pesawat di Gunung Fuji

 

 

TOKYO, EDUNEWS.ID – Maksud hati hendak memberikan pemandangan yang bagus kepada penumpang, apa daya malang yang didapat. Keinginan sang pilot agar para penumpangnya dapat melihat Gunung Fuji dengan sudut pandang yang bagus malah berujung dengan kecelakaan yang tragis.

Maskapai British Overseas Airways Corporation (BOAC) memiliki catatan terbang yang sangat bagus pada dekade 1960 ketika armada pesawat Boeing 707 meninggalkan London pada 1 Maret 1966 untuk penerbangan keliling dunia. Pada 5 Maret 1966, pesawat tiba di Bandara Haneda, Tokyo.

Burung besi tersebut dijadwalkan mendarat di Hong Kong usai lepas landas dari Haneda. Jelang penerbangan, para penumpang penerbangan 911 itu bisa melihat dengan jelas sisa-sisa kecelakaan yang terjadi hanya satu bulan sebelumnya di Bandara Haneda.

Baca juga :  Hijrah dan Kekuasaan; Tafsir Sosiologi Islam terhadap Sejarah Peradaban Nusantara

Sebagai informasi, pada 4 Februari 1966, pesawat maskapai All Nippon Airways dengan nomor penerbangan 727 mengalami kecelakaan di landasan pacu Bandara Haneda. Kecelakaan tersebut menewaskan sedikitnya 133 orang.

Melansir dari History, Senin (5/3/2018), Kapten Bernard Dobson membawa pesawat lepas landas dengan mulus dari Haneda. Beberapa menit kemudian, ia memutuskan sedikit keluar jalur penerbangan yang ditentukan demi memberikan pengalaman hebat kepada para penumpangnya.

Keputusan tersebut ternyata berakibat fatal. Ketika pesawat semakin dekat dengan Gunung Fuji yang merupakan ikon Jepang, turbulensi hebat yang disebabkan oleh angin kencang menghajar burung besi tersebut. Kapten Bernard Dobson kehilangan kontrol atas bagian belakang pesawat.

Pesawat makin tak terkendali dan sang kapten pun tak berdaya melawan. Burung besi itu pecah ketika meluncur ke arah kaki Gunung Fuji. Tidak ada yang selamat dari kecelakaan tersebut dan total korban tewas mencapai 124 orang.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com