Internasional

400 Karyawan Startup Dipecat Lewat Aplikasi Zoom

JAKARTA, EDUNEWS.ID -Pandemik virus corona membuat banyak perusahaan mengalami kesulitan, termasuk startup rental skuter listrik ini. Mereka memecat ratusan karyawan dan jadi sorotan lantaran melakukannya melalui aplikasi Zoom.

Startup bernama Bird itu menggelar PHK 400 karyawan atau sekitar 30% dari total pegawai. Karena banyak karyawan itu berada di rumah dalam rangka turut serta meminimalisir penularan COVID-19, Bird yang berbasis di California ini melakukan PHK dalam sesi selama 2 menit di Zoom.

Mantan karyawan menuturkan mereka diundang ke seminar Zoom misterius lalu mengetahui nasibnya lewat suara bahwa mereka dipecat.

“Sayangnya, pekerjaan Anda terimbas keputusan ini dan 3 April adalah hari terakhir Anda di Bird,” kata wanita itu.

Baca juga :  Arab Saudi Menolak Perubahan Status Yerusalem

Sesudahnya, mereka langsung diputus dari sistem perusahaan. Pemecatan melalui Zoom ini pun dikritik lantaran tidak manusiawi, apalagi di tengah wabah corona.

Keputusan PHK dilakukan karena bisnis Bird anjlok seiring warga berdiam di dalam rumah dan tidak banyak lagi yang menyewa sekuter mereka. Banyaknya kritik membuat CEO Bird, Travis VanderZanden, angkat suara.

“Fitur video (Zoom) dimatikan yang kami pikir lebih manusiawi. Tapi memang seharusnya kami menelepon ratusan orang itu satu per satu,” tuturnya, dikutip detikINET dari BBC.

Rupanya bukan hanya Bird yang melakukan pemecatan via Zoom, hal serupa ditempuh pula oleh startup travel Trip Actions. Pemecatan 297 karyawan mereka umumkan lewat Zoom.

“Melakukannya lewat konferensi video mungkin adalah cara terburuk untuk memecat seseorang, karena seharusnya Anda berani menatap mata mereka ketika melakukannya. Sungguh-sungguh buruk tapi saat ini, kami tidak bisa memanggil mereka ke kantor,” ujar sang CEO, Ariel Cohen.

Baca juga :  Dua Warga Asing Diamankan, Terkait 'Bom Tahun Baru' di Istanbul

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com