Internasional

Ahli Sebut Vaksinasi Kurangi Resiko Warga jika Terpapar Covid-19

EDUNEWS.ID – Infeksi pada orang yang sudah divaksinasi bukan berarti vaksin tidak efektif, menurut para ahli, menyusul laporan pemerintah Singapura yang menunjukkan individu yang divaksinasi menyumbang 75 persen infeksi Covid-19 di Singapura dalam empat minggu terakhir.

Namun data ini juga menunjukkan vaksinasi mampu mencegah mereka terkena sakit parah. Ketika data menunjukkan bahwa vaksin sangat efektif dalam mencegah kasus yang parah, data tersebut juga menggarisbawahi risiko bahwa bahkan mereka yang diinokulasi dapat menular, sehingga inokulasi saja mungkin tidak cukup untuk menghentikan penularan.

Dikutip dari Reuters, 24 Juli 2021, dari 1.096 infeksi menular lokal Singapura dalam 28 hari terakhir, 484 kasus atau sekitar 44%, terjadi pada orang yang divaksinasi penuh, sementara 30% divaksinasi sebagian dan lebih dari 25% tidak divaksinasi, menurut data pemerintah yang dirilis pada Kamis.

Sementara tujuh kasus penyakit serius membutuhkan oksigen, dan satu lagi dalam kondisi kritis dalam perawatan intensif, tak satu pun dari delapan telah divaksinasi penuh, kata kementerian kesehatan.

“Ada bukti berkelanjutan bahwa vaksinasi membantu mencegah penyakit serius ketika seseorang terinfeksi,” kata Kementerian Kesehatan Singapura, menambahkan bahwa semua orang yang divaksinasi dan terinfeksi tidak menunjukkan gejala, atau hanya gejala ringan.

Infeksi pada orang yang divaksinasi tidak berarti vaksin tidak efektif, kata para ahli.

“Semakin banyak orang yang divaksinasi di Singapura, kita akan melihat lebih banyak infeksi terjadi di antara orang yang divaksinasi,” Profesor Teo Yik Ying, dekan Saw Swee Hock School of Public Health di National University of Singapore (NUS).

“Penting untuk selalu membandingkannya dengan proporsi orang yang tetap tidak divaksinasi …Misalkan Singapura mencapai tingkat 100% divaksinasi penuh … maka semua infeksi akan berasal dari orang yang divaksinasi dan tidak ada yang dari yang tidak divaksinasi,” imbuh Teo Yik Ying.

“Saat ini, kami memiliki hampir 75 persen populasi yang divaksinasi dengan setidaknya satu dosis, sehingga virus corona lebih mungkin terpapar ke seseorang yang divaksinasi daripada seseorang yang tidak divaksinasi,” katanya, dikutip dari Straits Times.

Meski penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang divaksinasi lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi daripada mereka yang tidak disuntik, sulit untuk menyebutkan angkanya, kata para ahli, menurut laporan Straits Times.

Ini karena peluang seseorang tertular Covid-19 berbeda di seluruh pulau, tergantung di mana kasus muncul, serta aktivitas seseorang.

Lebih penting lagi, individu yang divaksinasi yang terinfeksi jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menderita efek samping yang serius.

Profesor Dale Fisher, konsultan senior penyakit menular National University Hospital Singapura, pada Jumat mengatakan kepada Straits Times dalam webinar yang diselenggarakan oleh Sekolah Kedokteran Yong Loo Lin NUS, bahwa mereka yang divaksinasi penuh sangat kecil kemungkinannya untuk sakit.

Dia mencatat bahwa sebagian besar kasus Covid-19 berusia 60 tahun ke atas sebagian besar divaksinasi.

“Orang-orang ini adalah orang-orang dengan risiko lebih tinggi dan akan menyebabkan ICU (unit perawatan intensif) kami siaga,” ujarnya.

Prof Fisher mencatat dari 415 kasus Covid-19 di rumah sakit, hanya delapan kasus Covid-19 yang membutuhkan bantuan oksigen atau berada dalam kondisi kritis di ICU. Tak satu pun dari mereka yang divaksinasi penuh.

Singapura telah memvaksinasi hampir 75% dari 5,7 juta penduduknya, tertinggi kedua di dunia setelah Uni Emirat Arab, dan setengah dari populasinya telah divaksinasi penuh.

Tidak segera jelas apakah data Singapura mencerminkan pengurangan perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin terhadap varian Delta, bentuk paling umum di negara kota kaya dalam beberapa bulan terakhir.

Ketika negara-negara dengan kampanye vaksinasi lanjutan bersiap untuk hidup dengan Covid-19 sebagai penyakit endemik, fokus mereka beralih ke pencegahan kematian dan penyakit serius melalui vaksinasi.

Tetapi mereka bergulat dengan bagaimana membedakan kebijakan kesehatan masyarakat, seperti pemakaian masker, antara yang divaksinasi dan yang tidak.

Baik Singapura dan Israel, misalnya, menerapkan kembali beberapa pembatasan baru-baru ini untuk memerangi lonjakan infeksi yang didorong oleh varian Delta yang sangat menular, sementara Inggris mencabut hampir semua pembatasan minggu ini, meskipun beban kasus tinggi.

“Kita harus menerima bahwa kita semua harus memiliki beberapa batasan, divaksinasi atau tidak divaksinasi,” kata Peter Collignon, seorang dokter penyakit menular dan ahli mikrobiologi di Rumah Sakit Canberra di ibu kota Australia.

“Hanya saja pembatasannya cenderung lebih tinggi untuk mereka yang tidak divaksinasi daripada orang yang divaksinasi, tetapi itu mungkin masih berarti mereka wajib masker di dalam ruangan, misalnya,” tambahnya.

Data Singapura juga menunjukkan bahwa infeksi dalam 14 hari terakhir di antara orang yang divaksinasi berusia lebih dari 61 tahun mencapai sekitar 88%, lebih tinggi dari angka lebih dari 70% untuk kelompok yang lebih muda.

Linfa Wang, seorang profesor di Duke-NUS Medical School, mengatakan orang tua telah terbukti memiliki respons kekebalan yang lebih lemah setelah vaksinasi.

Di Israel, yang juga memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi, sekitar setengah dari 46 pasien yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi parah pada awal Juli telah divaksinasi, dan mayoritas berasal dari kelompok berisiko, kata pihak berwenang. Baca selengkapnya

Tidak segera jelas apakah data Singapura mencerminkan pengurangan perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin terhadap varian Delta, bentuk paling umum di negara kota kaya dalam beberapa bulan terakhir.

Awal bulan ini Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengutip sebuah penelitian di Singapura yang menemukan bahwa kemanjuran vaksin mRNA terhadap varian Delta adalah 69 persen, The Straits Times melaporkan.

Tetapi untuk vaksin Sinovac Covid-19, tidak ada data yang cukup untuk menunjukkan seberapa efektif vaksin tersebut terhadap strain varian Delta.

Dua dosis vaksin Covid-19 dari Pfizer-BioNTech atau AstraZeneca hampir sama efektifnya terhadap varian Delta dibandingkan dengan varian Alpha yang sebelumnya dominan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan minggu ini.

Singapura menggunakan vaksin Pfizer dan Moderna dalam program vaksinasi nasionalnya.

130 infeksi baru yang ditularkan secara lokal pada hari Jumat turun dari level tertinggi 11 bulan minggu ini. Peningkatan kasus di Singapura baru-baru ini mendorong pihak berwenang untuk memperketat pembatasan pertemuan sosial dalam upaya untuk meningkatkan vaksinasi, terutama di kalangan orang tua.

 

tmp

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com