Internasional

Amerika Serikat Usul Bekukan Aset Kim Jong-un

WASHINGTON, EDUNEWS.ID – Amerika Serikat mengusulkan pembekuan aset pribadi pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un dan larangan pasokan minyak serta serangkaian sanksi baru lain terhadap Korea Utara.

Rancangan resolusi ini sudah diedarkan di antara anggota Dewan Keamanan PBB menyusul uji coba keenam nuklir Korea Utara dan peluncuran rudal yang terus berulang. Tiongkok dan Russia diperkirakan akan menentang sanksi-sanksi lanjutan tersebut.

Rancangan proposal AS menyerukan larangan total atas berbagai produk minyak ke Korea Utara dan larangan ekspor industri tekstil lainnya. Rancangan resolusi tersebut juga meliputi usulan pembekuan aset Kim dan pemerintah Korea Utara, serta menerapkan larangan perjalanan terhadapnya dan pejabat senior lainnya.

Baca juga :  Setengah Warga Jepang Tidak Dukung Pemerintahan Abe

Para pekerja Korea Utara juga dilarang bekerja di luar negeri. Kiriman uang dari pekerja di luar negeri dan ekspor tekstil adalah dua dari sumber pendapatan utama Korea Utara yang masih tersisa. Namun, AS diperkirakan akan menghadapi tantangan dari Tiongkok dan Russia, keduanya memasok minyak ke Korea Utara dan memiliki hak veto di Dewan Keamanan.

Sementara itu, Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bercakap melalui telepon membicarakan krisis di Semenanjung Korea, Rabu (6/9) waktu setempat. Presiden Trump mengharapkan Tiongkok sebagai negara tetangga Korut turut membantu mengatasi krisis nuklir di Semenanjung itu.

Dalam percakapan tersebut, Xi menyinggung pentingnya kunjungan kenegaraan Trump ke Tiongkok sebelum akhir tahun ini. Kunjungan Trump itu merupakan balasan atas kunjungan kenegaraan Xi ke AS pada awal bulan April lalu. Pada saat itu kedua kepala negara juga membahas krisis Semenanjung.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com