Internasional

Dokter Pengaku Kalah Hadapi Virus Corona di Filipina

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Puluhan kelompok dokter menyatakan Filipina telah kalah dalam pertarungan melawan virus Corona.

Mereka pun mendesak Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk kembali memperketat lockdown yang sempat dilonggarkan.

Tercatat, ada 80 asosiasi medis yang mewakili puluhan ribu dokter, menandatangani surat terbuka. Hal itu dilakukan saat Filipina mengumumkan ada 5.000 kasus baru, sehingga total ada 98.000 kasus positif.

“Petugas kesehatan bersatu dalam menyuarakan sinyal bahaya bagi bangsa ini, sistem perawatan kesehatan kita telah kewalahan,” demikian pernyataan dalam surat itu.

Surat itu menyatakan tenaga medis mengakui kalah perang melawan Covid-19, dan memerlukan rencana aksi yang terkonsolidasi dan pasti.

Dalam surat itu juga disampaikan bahwa semakin banyak tenaga kesehatan yang jatuh sakit atau berhenti dari pekerjaan mereka. Sementara itu, beberapa rumah sakit penuh dan sekarang menolak untuk menerima pasien baru.

Baca juga :  Mahasiswi Asal Jakarta Berstatus PDP di RSUD Cilacap Meninggal
Advertisement

Sebelumnya, departemen kesehatan menyatakan ada 34 petugas kesehatan yang meninggal akibat Covid-19 di Filipina. Diketahui, jumlah kematian akibat virus corona di Filipina tercatat sebanyak 2.039 per Sabtu (1/8/2020).

Pemerintah sendiri menyalahkan soal tingkat kepatuhan yang rendah terhadap protokol kesehatan terkait meningkatnya penyebaran Covid-19.

Diketahui, Filipina pernah menerapkan lockdown dengan sangat ketat di bulan Maret lalu. Masyarakat tidak diizinkan keluar rumah, kecuali untuk membeli makan dan mencari perawatan kesehatan.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com