Internasional

Indonesia jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Universitas Buddha

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Agama (Kemenag) Nur Syam memukul gong menandai dibukanya Seminar Internasional ATBU

MAGELANG, EDUNEWS.ID – Indonesia menjadi tuan rumah International Association of Theravada Buddhist Universities (ATBU) Conference. Event yang diikuti sekitar 350 peserta dari perwakilan 18 negara ini dilaksanakan di Magelang, dan dibuka pada Jumat (11/11/2016) lalu oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kementerian Agama (Kemenag) Nur Syam.

Nur Syam menilai event ini penting dalam rangka mewujudkan komunitas profesional Buddhis, baik teoritis maupun praktis, yang memiliki keberpihakan dan keperdulian terhadap nasib pendidikan agama Buddha. Selain itu, event ini juga penting dalam rangka menciptakan iklim pendidikan yang kondusif untuk melahirkan kaum intelektual buddhis yang handal sebagaimana pada jaman kejayaan Sriwijaya dulu.

“Event ini dapat menjadi momentum untuk mewujudkan Perguruan Tinggi Agama Buddha sebagai pusat kajian yang unggul dengan mengedepankan value, dhamma, dan modernita,” ujarnya.

Baca juga :  5.000 Anak Pengungsi Suriah Dapat Pendidikan di Turki

Plt Dirjen Bimas Buddha ini mengapresiasi penyelenggaraan ATBU ini. Dia berharap, ATBU akan dapat mewujudkan kejayaan pendidikan agama Buddha seperti yang terefleksikan pada masa kerajaan Sriwijaya.

“Melalui organisasi ATBU ini diharapkan dapat dibangun jaringan intelektual internasional di kalangan ATBU dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Buddha Indonesia (APTABI) sehingga para dosen PTAB memiliki daya saing baik ditingkat nasional maupun tingkat Internasional,” ungkap Nur Syam.

ATBU diikuti perwakilan dari 18 negara, yaitu, Nepal, Vietnam, Pakistan, Laos, Kamboja, Sri Lanka, Thailand, Myanmar, Belanda, Inggris, Amerika Serikat, Brazil, Hongkong, Singapura, Malaysia, Bhutan, India dan Indonesia.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com