Internasional

Inggris Kerahkan Kapal Perang Kedua ke Lokasi

EDUNEWS.ID – Militer Inggris kembali mengirimkan sebuah kapal perang ke kawasan Teluk dan meningkatkan level siaga di wilayah kaya minyak itu. Pengerahan kapal perang kedua ini dilakukan setelah kapal-kapal bersenjata Iran mengancam sebuah kapal supertanker Inggris.

Pejabat-pejabat Inggris mengatakan bahwa pengerahan tersebut merupakan bagian dari rotasi yang direncanakan sebelumnya, dan dimaksudkan untuk terus memastikan keberadaan Angkatan Laut Inggris di salah satu rute pengiriman minyak terpenting di dunia tersebut.

Namun menurut sebuah sumber, seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (13/7/2019), pengerahan kapal perang itu baru direncanakan beberapa hari ini. Ini merupakan kedua kalinya militer Inggris mengerahkan kapal perang canggih ke kawasan tersebut.

Seorang juru bicara pemerintah Inggris mengatakan kapal perang HMS Duncan sedang “dikerahkan ke wilayah tersebut untuk memastikan kami mempertahankan kehadiran keamanan maritim yang berkelanjutan, sementara HMS Montrose ditarik dari tugas untuk menjalani pemeliharaan yang telah direncanakan dan pergantian awak”.

Baca juga :  Kunjungi Israel, Duterte Bawa Agenda Kerjasama

Sebelumnya pada Rabu (10/7/2019) HMS Montrose mengusir tiga kapal bersenjata Iran yang menurut para pejabat Inggris, mencoba menghalangi laju kapal supertanker minyak Inggris. Kapal-kapal yang diyakini milik Garda Revolusi Iran itu mendekati kapal tanker British Heritage ketika sedang meninggalkan kawasan Teluk.

Menurut sejumlah laporan media yang mengutip para pejabat Amerika Serikat, kapal tanker Inggris itu diminta berhenti di wilayah perairan di dekat Iran, namun kapal-kapal itu kemudian mundur setelah ada peringatan dari kapal perang Inggris.

Pejabat-pejabat Iran telah membantah insiden tersebut.

Sementara itu, pemerintah Inggris telah memutuskan untuk meningkatkan level siaga bagi kapal-kapal yang melintasi perairan Iran, yakni dari level tiga menjadi level empat yang mengindikasikan adanya ancaman “genting”.

Baca juga :  Turki Kembali di Guncang Bom Mobil, Puluhan Luka

Sebelumnya pada pekan lalu, pasukan Angkatan Laut Inggris membantu pihak berwenang di Gibraltar merampas kapal tanker minyak Iran karena terbukti kapal itu tengah menuju Suriah, sehingga melanggar rangkaian sanksi Uni Eropa.

Sebagai tanggapan, seorang pejabat Iran mengatakan bahwa kapal tanker minyak Inggris harus disita jika kapalnya yang ditahan itu tidak dikembalikan.

dtk

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!