Internasional

Presiden AS Trump Optimistis Vaksin Corona Segera Ditemukan

Presiden AS, Donald Trump

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Presiden Amerika Serikat Donald Trump optimistis vaksin virus corona (covid-19) dapat segera ditemukan. Ia berharap vaksin ditemukan pada akhir 2020 atau lebih cepat.

“Kami pikir kami akan mendapatkan hasil yang baik dalam waktu sangat cepat,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, seperti dilansir AFP, Sabtu (16/5/2020).

Pekan ini, Trump telah menunjuk mantan eksekutif GlaxoSmithKline Moncef Slaouin dan pensiunan Jenderal bintang empat Gustave Perna untuk memimpin upaya produksi dan distribusi virus corona hingga akhir tahun. Upaya tersebut diberi nama “Operation Warp Speed”.

Trump juga menekankan bahwa ia terbuka untuk bekerja sama dengan negara lain untuk menemukan vaksin virus yang menewaskan lebih dari 300 ribu jiwa di dunia itu.

Baca juga :  Menilik Sosok 'Kontroversial' Donald Trump, Presiden Terpilih Amerika Serikat

“Siapapun yang menemukannya, kami pikir itu bagus, kami akan bekerja dengan mereka dan mereka akan bekerja dengan kami. Bila kami mendapatkannya (vaksin), kami akan bekerja sama dengan mereka,” tuturnya.

Vaksin sejauh ini dinilai sebagai cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Virus mematikan itu sulit dihilangkan jika hanya mengandalkan tindakan pengendalian seperti menjaga jarak maupun lockdown.

Beberapa waktu lalu, perusahaan Jerman Mainz-based BioNTech mengatakan siap memasok jutaan vaksin virus corona (Covid-19) pada akhir tahun ini.

BioNTech telah bekerja sama dengan raksasa farmasi Amerika Serikat, Pfizer, untuk mengembangkan vaksin corona. Vaksin-vaksin tersebut tengah diujicobakan terhadap manusia.

Namun, Kepala teknis tim tanggap corona WHO, Dr. Maria Van Kerkhove, mengatakan pengembangan vaksin membutuhkan proses yang sangat detail dan waktu yang lama.

Baca juga :  Pria Ini Hampir 30 Tahun Tak Pernah Bicara dengan Orang, Ini Alasanya

“Kami telah melihat komunitas global bekerja sama memerangi virus ini. Pabrik manufaktur, pemimpin negara, ilmuwan, untuk mempercepat pengembangan vaksin. Semua orang ingin tahu secara pasti berapa lama ini akan berlangsung,” ujar Van Kerkhove dalam CNN’s Global Town Hall pada Kamis (14/5/2020) lalu.

 

 

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com