Hukum

Skandal Korupsi, Eks Menkes Korsel Dibui

mantan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Moon Hyung-pyo

 

 

SEOUL, EDUNEWS.ID – Pengadilan Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (8/6/2017) menjatuhkan hukuman penjara dua setengah tahun pada mantan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Moon Hyung-pyo atas keterlibatannya dalam kasus skandal korupsi yang melibatkan ketua Samsung Group, Jay Y Lee, serta mantan Presiden Park Geun-hye, dimana keduanya saat ini telah ditahan.

“Terdakwa Moon terbukti telah merusak kemandirian Dinas Pensiun Nasional (NPS) karena tekanan dari pejabat Kementerian Kesehatan Korsel dan oleh karenanya ia dijatuhi hukuman penjara dua setengah tahun,” demikian putusan pengadilan seperti dikutip kantor berita Yonhap.

Selain menjabat sebagai Menteri Kesehatan era pemerintahan Presiden Park, juga merangkap sebagai ketua NPS. Ia telah didakwa dan ditahan atas kasus korupsi ini sejak Desember lalu.

Baca juga :  Wakapolri : Densus Tipikor Bukan Rival KPK

Karena tindak penyelewengan wewenang oleh Moon dengan menekan NPS, maka kesepakatan merger antara dua afiliasi Samsung Group pada 2015 senilai 8 miliar dollar AS bisa terjadi. NPS sendiri memiliki saham cukup besar di dua perusahaan. Atas tuduhan itu, pihak Moon membantah semua tuntutan hukum terhadap dirinya.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com