Internasional

Tekanan Covid 19, Ekonomi Inggris Diramal Lama Pulih

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Bank of England memproyeksikan perekonomian Inggris akan membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk pulih dari pandemi virus corona.

Bank sentral Inggris ini memperingatkan dampak dari meningkatnya pengangguran dan risiko lain seperti gelombang kedua infeksi corona dan Brexit.

Bank sentral memproyeksikan PDB Inggris bisa menyusut 9,5 persen pada tahun ini. Angka tersebut menjadi yang terburuk dalam 99 tahun terakhir.

“Kami akan mengalami penurunan yang luar biasa besar dari pada perkiraan, yang mencerminkan risiko seperti yang kami lihat,” tutur Gubernur Bank of England Andrew Bailey dikutip dari CNN.com, Jumat (7/8/2020).

Walaupun kegiatan ekonomi telah meningkat sejak pembukaan lockdown, bank sentral tetap melihat laju pemulihan akan melambat hingga akhir tahun.

“Kami tidak menerima sinyal kuat dari pemulihan dalam hal apa yang terjadi selanjutnya,” ucap Bailey.

PDB Inggris saat ini diperkirakan tidak akan melebihi tingkat yang dicapai pada kuartal terakhir 2019. Pada Mei lalu, bank sentral memperkirakan pemulihan selama paruh kedua tahun depan.

Mereka memprediksi pertumbuhan PDB 9 persen bisa dicapai tahun depan.

Bank of England telah memberikan dukungan atau stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pasalnya, Inggris berjuang melawan resesi bersejarah.

Bank sentral telah memangkas suku bunga utamanya ke rekor terendah 0,1 persen pada bulan Maret lalu.

Program pembelian obligasi telah membengkak menjadi US$979 miliar dan ekonom secara luas mengharapkan pelonggaran kuantitatif hingga US$$ 131,4 miliar pada November.

“Proyeksi ekonomi terbaru BoE yang terlalu optimis membuka pintu lebar-lebar untuk lebih banyak stimulus moneter akhir tahun ini,” ujar ekonom senior Berenberg Kallum Pickering dalam sebuah catatan penelitian.

cnn

Baca Juga :   Pria Bersenjata Diduga Agen Mossad Israel Ditangkap di Malaysia
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kerjasama dan Mitra silakan menghubungi 085171117123

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 085171117123

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  085171117123

Copyright © 2016 @edunews.id

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com