Internasional

Trump Sebut Tiongkok Gagal Kendalikan Korut

 

 

SEOUL, EDUNEWS.ID – Upaya pemerintah Tiongkok untuk mengendalikan program nuklir Korea Utara (Korut) telah gagal. Demikian disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (21/6/2017) atau sehari setelah kematian seorang mahasiswa asal AS, yang ditahan oleh Pyongyang.

“Saya yang mengapresiasi upaya Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dan pemerintahannya untuk membantu Korut. Upaya ini masih belum berhasil, tetapi setidaknya saya tahu Beijing sudah mencobanya,” kata Trump lewat akun media sosial Twitter miliknya.

Sebelumnya Presiden AS telah menaruh harapan amat tinggi pada kerja sama Beijing agar Negara Tirai Bambu itu memberikan pengaruhnya terhadap Korut setelah Trump dan Xi telah melakukan pertemuan di Florida, AS, pada April lalu.

Baca juga :  Korut Klaim 4,7 Juta Warganya Ingin Daftar Jadi Militer

Masih belum diketahui apakah pernyataan Trump di media sosial tersebut mencerminkan adanya perubahan pemikirannya terkait upaya AS dalam menghentikan program nuklir Korut dan uji coba peluncuran misil-misilnya atau keinginan Trump untuk mengubah kebijakan AS terhadap Tiongkok.

“Saya rasa presiden memberikan sinyalemen rasa frustrasi,” kata Christopher Hill, mantan duta besar AS untuk Korsel dalam wawancaranya dengan MSNBC. “Dia (Trump) memberitahu orang lain bahwa ia tahu ini tidak berhasil dan ia mencoba mempertahankan diri atau membenarkan dirinya sendiri dengan mengatakan setidaknya Tiongkok telah mencoba,” imbuh dia.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!