News

ITS Menangkan “Piala Dunia Robotik” di Kanada

KANADA, Edunews.id – Di sela-sela perhelatan Piala Dunia 2018, datang berita menggembirakan tentang prestasi anak bangsa di kancah internasional.

Setelah bertarung melawan tim-tim andalan dari seluruh dunia, Tim Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil menjadi juara pertama kategori Humanoid League Teensize Soccer Competition pada kompetisi sepak bola robot tingkat dunia, “RoboCup 2018” di Montreal, Kanada (21/6) waktu setempat.

ITS mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan meraih empat penghargaan sekaligus dalam kompetisi yang berlangsung sejak tanggal 15 Juni 2018 ini.

Dosen pembimbing tim Ichiro, Muhtadin menjelaskan, memang terselip sebuah doa dalam nama tim yang ia dampingi. “Ichiro merupakan akronim dari ITS Champion in Robocup,” jelasnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek-Dikti).

Dalam babak penyisihan, tim Ichiro berhasil meraih kemenangan dari AMN United (Kanada) dengan skor 2 – 0, Nu Bots (Australia) 3 – 0, WF Wolves (Jerman) 1 – 0, dan Edrom (Brazil) 5 – 0 dan hanya kalah satu kali dari MRL HSL (Iran) dengan skor 1 – 3.

Dengan optimistis, robot berkaki bak manusia milik ITS itu melenggang ke babak final dan berhasil meraih kemenangan atas MRL HSL. Setelah membobol gawang tim MRL HSL tanpa balas, Ichiro menang telak dengan skor 3 – 0 dan berhasil dinobatkan sebagai juara pertama.

Selain menjadi juara dalam kategori Humanoid Teensize League, tim Ichiro ITS juga berhasil menjadi juara II kategori Drop In Challenge Teensize, juara II Technical Challenge Teensize, dan juara III Best Humanoid.

“Kami hanya membawa dua robot Humanoid dengan cadangan spare part yang alakadarnya serta tim yang terdiri dari empat mahasiswa,” ujar Muhtadin.

Baca Juga :   Ini Alasan NasDem Jakarta Dukung Ahmad Sahroni Jadi Cagub!

Namun di belakang tim kecil ini, lanjutnya, masih terdapat puluhan anggota tim Ichiro lain yang membantu mempersiapkan robot berbulan-bulan sebelumnya. “Bahkan, pengembangan robot Ichiro dilakukan sejak tahun 2012,” sambungnya.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com