News

Jelang Ramadhan, Pemerintah Harus Stabilkan Harga Sembako

Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Memasuki bulan Ramadhan, sejumlah komoditas pokok masyarakat seperti bawang merah, bawang putih dan komoditas pokok lainnya mulai merangkak naik. Seperti bawang putih yang sebelumnya harga eceran sekilo Rp 20 ribu- Rp 25 ribu kini naik menjadi Rp 57 ribu-70 ribu.

“Keluhan dari masyarakat tersebut saya jumpai saat reses dilakukan di daerah pemilihan. Situasi ini seperti menjadi ritual tahunan; memasuki bulan ramadhan, komoditas pokok selalu naik,” ujar Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati dalam keterangan tertulisnya kepada edunews.id, Selasa (9/5/2017).

Reni mengatakan, kenaikan bahan pokok di saat Ramadhan ini semestinya dapat ditekan oleh pemerintah dengan mengendalikan harga komoditas pokok masyarakat. Pemerintah tidak boleh membiarkan harga komoditas pokok naik liar sehingga menguras biaya kehidupan sehari-hari masyarakat, khususnya di bulan Ramadhan.

Baca juga :  PNS Bolos Usai Libur Lebaran, Pemprov DKI akan Potong TKD Satu Bulan

“Terlebih, pelaksanaan ramadhan tahun ini waktunya tidak berjauhan dengan awal masuk tahun ajaran baru sekolah dan perguruan tinggi yang dipastikan akan menguras biaya yang tidak kecil oleh masyarakat,” ujar Wakil Ketua Umum DPP PPP tersebut.

Advertisement

Ia juga meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar memastikan harga komoditas pokok masyarakat menjelang Ramadhan ini harus stabil dan terjangkau oleh masyarakat. Upaya-upaya konkret dan tidak biasa harus dilakukan dan memastikan harga sembako kembali turun. Kenaikan bahan sembako yang selalu berulang setiap ramadhan harus menjadi prioritas kerja pemerintah guna menyambut ramadhan ini.

“Jangan sampai kenaikan harga sembako menjado ritual tahunan. Masyarakat kebanyakan yang akan repot dan mengeluarkan biaya ekstra di saat Ramadhan,” ujar Reni.

Ketua Fraksi PPP DPR RI itu juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengungkap bila ada permainan kartel atau oknum yang memainkan harga sembako. Bila terkait dengan tindak pidana, aparat kepolisian jangan segan-segan untuk menindak pelakunya.

“Segala upaya tersebut dilakukan untuk memastikan agar masyarakat dalam melaksanakan Ramadhan tidak dibebani dengan melambungnya harga bahan sembako,” pungkasnya.

EDUNEWS.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com