Nasional

Jokowi Bilang Jangan Coba-coba jadi Pemimpin

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Calon presiden inkumben Joko Widodo atau Jokowi bercerita soal pengalamannya memimpin dari level kota, provinsi, hingga tingkat nasional. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri acara deklarasi dukungan Alumni Universitas Indonesia (UI) untuk Jokowi-Amin di Kompleks Gelora Bung Karno pada sore ini, Sabtu, (13/01/2019).

Jokowi memulai ceritanya dari pengalaman saat maju menjadi wali kota saat 2005. Menurut Jokowi, ketika terpilih, butuh waktu menyesuaikan diri sekitar satu setengah tahun untuk memahami cara mengelola wilayah. Sebab, ujar dia, sebelumnya dia berprofesi sebagai pengusaha, yang sama sekali berbeda dalam hal manajemen.

“Saya bicara pengalaman, karena memimpin harus punya pengalaman. Kalau mau memimpin, jangan coba-coba dong. Diperlukan pengalaman untuk memimpin negara besar ini,” tutur Jokowi disambut teriakan peserta acara di Kompleks Gelora Bung Karno pada sore ini, Sabtu, 13 Januari 2019.

Selanjutnya, Jokowi melanjutkan cerita ketika maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Ketika terpilih, ujar dia, sudah menjadi biasa saja karena sudah memiliki pengalaman dua periode menjadi Wali Kota Solo.

“Jadi, itulah yang dinamakan begitu, begitu sangat pentingnya pengalaman. Di setingkat kota saja saya butuh 1,5 tahun belajar. Apalagi kalau belum punya pengalaman, langsung mengelola negara. Butuh berapa tahun pertanyaan saya?,” ucap Jokowi disambut riuh tepuk tangan alumni yang hadir.

Selain alumni UI, sejumlah alumni dari berbagai universitas di Indonesia juga hadir di acara ini, seperti Alumni Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Trisakti, serta berbagai universitas-universitas swasta lainnya.

tmp

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!