DAERAH

Kapalnya Diusir Nelayan, PT Boskalis: No Comment!

Antusiasme Warga Sangkarrang Tolak Tambang Pengerukan Pasir Laut PT Boskalis

MAKASSAR, EDUNEWS.ID – Pihak pemilik kapal PT Boskalis yang melakukan penambangan di perairan Kecamatan Sangkarrang memilih tidak berkomentar usai kapalnya diusir warga saat sedang beoperasi, Sabtu (4/7/2020) pagi.

Perwakilan PT Boskalis, Lukman saat dikonfirmasi, lewat pesan Whatsapp menyatakan tidak ingin berkomentar. “Maaf pak, saya ga bisa merespon,” tulisnya kepada wartawan.

Sabtu pagi ribuan warga Kecamatan Sangkarrang bersama aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) Cabang Makassar dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Makassar Timur
mengusir kapal sedot pasir milik PT Boskalis yang sedang menyedot pasir di tengah lautan.

Dengan menggunakan ratusan kapal kecil tradisional, aksi kolektif nelayan ini berhasil mengepung dan mengusir Kapal Penambang hingga kembali ke pelabuhan Makassar.

Baca juga :  Warga Kodingareng Protes Tambang Pasir, Wagub Sulsel : Pemilik Konsesi dan Nelayan Wajib Duduk Bersama

Warga menolak aktivitas penambangan pasir laut yang berdampak kerusakan lingkungan dan ekosistem laut.

Kordinator Aksi, Sardi mengatakan, bila kapal Boskalis ini tetap melakukan aktivitas penambangan, maka nelayan juga akan tetap terus melakukan penolakan dan melibatkan gerakan pemuda aktivis di Kota Makassar.

“Tetap akan kami kawal. Kita tidak akan mengorbankan kehidupan masyarakat pulau
yang kehilangan mata pencaharian cuma karena alasan pembangunan. Toh masyarakat kecil seperti nelayan ini cuma dapat dampak buruknya,”

Ketua IMM Cabang Makassar Timur, Muslim Haq, juga mengecam aktivitas penambangan yang destruktif ini.”Kita tegaskan IMM tetap akan mengawal sampai penambangan ini dihentikan”.

Rencananya dalam pertemuan usai aksi, bila kapal penambang pasir ini masih bekerja, maka ribuan nelayan ini akan mengerahkan massa lebih banyak. Mereka juga berencana membakar kapal penambang asal Belanda ini.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com