News

Karikatur Sarkas Komikus Asal Jepang Tak Etis, Menlu Harus Protes Keras

KHATIBUL UMAM WIRANU

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Anggota Komisi VIII DPR RI, Khatibul Umam Wirani mengecam karya seni jurnalistik Onan Hiroshi yang menggambarkan Presiden Jokowi bertekuk lutut di hadapan PM Jepang. Penggambaran kartun tersebut merendahkan martabat Presiden Jokowi dan bangsa Indonesia.

“Padahal, dalam hubungan diplomasi antara negara banyak aspek yang intinya harus saling menghargai. Karya Horashi yang juga mengilustrasikan Presiden Jokowi seperti seorang pengemis, juga tidak tepat,” ujar Khatibul dalam siaran pers yang diterima edunews.id, Senin (26/2/2018).

Politisi Demokrat itu mengatakan, diplomasi antardua negara tidak bisa dimaknai sebagai hubungan antara peminta-minta dengan pemberi. Diplomasi antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Jepang merupakan hubungan diplomasi yang wajar dan bentuk implementasi hubungan bilateral yang lazim dilakukan antarnegara.

Baca juga :  Polemik Pernyataan Ahok, Khatibul : Ahok Harus Minta Maaf

“Ilustrasi Horashi berlebihan dan cenderung menekankan sisi dramanya. Kritik kebijakan Presiden dan pemerintah itu hal lumrah, tapi merendahkan Presiden apalagi Presiden Negara lain jelas merupakan tindakan yang mengganggu dan membahayakan hubungan bilateral antar Negara,” tegas Khatibul.

Advertisement

Meski secara substansi, lanjut Khatibul, materi kartun yang mengkritik proyek kereta api cepat di Indonesia yang tidak berjalan dengan baik itu saya setuju. Namun, bukan berarti harus digambarkan bahwa Presiden Jokowi bertekuk lutut dihadapan PM Jepang.

“Sebab ini bisa ditafsirkan melecehkan dan merendahkan martabat bangsa Indonesia. Saya mendorong Menteri Luar Negeri untuk menyampaikan nota protes atas materi kartun tersebut. Upaya ini semata-mata untuk memberi pesan, kebabasan berekspresi itu ada aturan mainnya. Ada aspek kedaulatan negara lain yang juga harus diperhatikan,” pungkasnya.

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com