Nasional

‘Kemenangan Ridwan Kamil, Khofifah dan Ganjar jadi Modal Politik Jokowi’

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID- Hasil Pilkada kali ini semakin meringankan langkah Jokowi pada kontestasi Pilpres 2019. Mengingat, kemenangan Ridwan Kamil (RK) di Jabar, Khofifah di Jatim dan Ganjar di Jateng akan menjadi modal politik bagi Jokowi.

“Karena RK kan sebelumnya sudah menyatakan bahwa dia mendukung Jokowi, Khofifah dan Ganjar juga diusung oleh partai pendukung Jokowi,” kata Pengamat Politik dari Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf seperti dikutip dari Republika, Rabu (27/6/2018).

Meski di Jabar RK menang, kata Asep, namun suara PKS dan Gerindra di Jabar masih kuat dan solid. Karena itu, menurut dia, hingga saat ini Jabar masih menjadi daerah yang sulit ditaklukan oleh Jokowi.

“Berbeda halnya dengan Jatim dan Jateng sudah yang sudah dikuasai oleh partai pendukung Jokowi seperti PPP, PKB, Golkar,” jelas dia.

Asep menyatakan, hasil Pilkada ini juga semakin menyulitkan Prabowo untuk menyaingi Jokowi pada kontestasi Pilpres 2019 nanti. Karena itu, Prabowo dan partai koalisi harus bekerja keras jika ingin mengalahkan Jokowi.

“Kalimat semakin sulit dan berat itu tepat. Hemat saya memang ini jadi modal politik Jokowi,” tegasnya.

Seperti diketahui, dalam proses hitung cepat lembaga-lembaga survei untuk pilkada Jabar, pasangan Ridwan Kamil-Uu unggul dari para pesaingnya. Hasil hitung cepat dari Populi Center menunjukan paslon nomor urut satu itu mendapat suara sebesar 33,25 persen.

Sementara untuk Pilkada Jawa Tengah, berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei seperti Saiful Mujani Research Consulting (SMRC), pasangan Ganjar-Yasin mengantongi suara sementara 59,04 persen. 

Sedangkan untuk Pilkada Jatim, Pasangan Khofifah-Emil juga unggul. Hitung cepat yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukan pasangan cagub dan cawagub nomor urut 1 itu memperoleh suara sebanyak 54,14 persen.

Baca Juga :   Kemenkopolhukam Bentuk Tim Khusus Tangani TPPO Mahasiswa di Jerman

 

REP | EDUNEWS

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com