Nasional

Kemenkeu Minta Satker Segera Proses Pencairan Gaji ke-13

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Kementerian Keuangan meminta kepada seluruh satuan kerja (Satker) masing-masing kementerian/lembaga (K/L) untuk segera memproses pencairan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) alias PNS.

Dirjen Perbendaharaan Marwanto Haryowiryono mengatakan proses pencairan gaji ke-13 sudah bisa dilakukan hingga akhir Juni tahun ini.

“Dalam bulan Juni sampai dengan akhir bulan Juni, seluruh Satker diminta agar segera mengajukan permintaan pembayaran gaji ke-13,” ujar Marwanto saat dihubungi¬†detikFinance, Jakarta, Kamis (13/6/2019).

Proses pencairan, kata Marwanto, bagi para Satker bisa mengajukan surat perintah membayar (SPM) ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN).

Menurut dia, waktu pencairan atau pembayaran gaji ke-13 dijadwalkan pada awal Juli 2019. Oleh karena itu, para Satker diminta untuk segera memprosesnya.

Baca juga :  KBM: Arena Pertarungan Sikap

“Kemenkeu terus mendorong agar seluruh Satker segera mengajukan SPM untuk pembayaran gaji ke 13 tersebut,” ujar dia.

Mengutip Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019, Kamis (13/6/2019), disebutkan gaji ke-13 akan diberikan kepada Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun.

Nilai besaran gaji ke-13 tersebut sama dengan besaran gaji yang diterima para ASN tersebut pada Juni 2019. Dalam lampiran PP ini juga disebutkan, komponen gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan akan berbeda. Adapun, gaji ke-13 untuk PNS hingga anggota Polri akan terdiri mulai dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja.

Sedangkan, pensiunan akan menerima gaji ke-13 berupa pensiunan pokok, dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan.

Baca juga :  Pengamat : Jokowi Tak Usah Bangun Citra Lewat Media

dtk

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!