News

Ketua MPR Desak Kemenag Bertanggungjawab Atas Haji dan Umrah Bermasalah

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan pelayanan haji di Indonesia masih kalah dengan Malaysia. Zulkifli mengungkap masih ada penyelenggara haji dan umrah yang menyimpang. Dia menyesalkan hanya gara-gara satu atau dua penyelenggara haji dan umrah bermasalah, yang lain pun ikut terbawa-bawa.

“Ada triliunan uang jemaah umrah hilang gara-gara segelintir penyelenggara umrah yang tidak benar,” kata Zulkifli usai memberikan sambutan seminar Merawat Kemajemukan Melalui Empat Pilar MPR RI” di gedung parlemen, Jakarta, Ahad (8/7/2018).

Dia menegaskan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) harus ikut bertanggung jawab terkait sejumlah kasus penyelenggaraan ibadah haji dan umrah di tanah air. “Mereka punya pengawasan, jadi jangan membiarkan,” tegasnya.

Menurut dia, kalau hanya satu dua jemaah itu bisa dikatakan sebagai tindakan penipuan. Namun, lanjut Zulkifli, jika korbannya sampai ribuan itu namanya pembiaran. “Kami minta tanggung jawab Kementerian Agama,” katanya.

Karena itu, Zulkifli meminta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) terlibat dalam perbaikan pelayanan haji Indonesia. Dia berharap IPHI sungguh-sungguh mendiskusikan agar bagaimana penyelenggaraan haji Indonesia setiap tahun bertambah baik.

“Saya kira IPHI bisa membahas masalah substansi seperti ini. IPHI bisa memberikan solusi untuk penyelenggaraan haji yang lebih baik,” imbuhnya.

Facebook Comments

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!