Nasional

Ketum PB HMI : Pelemahan KPK adalah Penghianatan terhadap Reformasi

Ketua Umum Pengurus Besar HMI MPO Zuhad Aji Firmantoro saat menyampaikan orasinya di atas mobil komando

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Ratusan massa yang terdiri dari Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) MPO ikut turun aksi unjuk rasa di sekitar kawasan gedung DPR, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Mereka ikut berbaur dengan aliansi mahasiswa yang berasal dari sejumlah universitas negeri dan swasta.

Di atas mobil komando, Ketua Umum Pengurus Besar HMI MPO Zuhad Aji Firmantoro mengkritisi produk hukum yang dikeluarkan pemerintah dan DPR berupa RUU KPK dan RUU KUHP. Dia meminta Presiden Jokowi menerbitkan perpu untuk menyelamatkan KPK.

“KPK telah mati dan telah menjadi alat kepolisian kedepannya. Revisi UU KPK merupakan kesalahan terbesar negara,” katanya.

Baca juga :  HMI MPO Desak Pemerintah Terlibat Aktif Atasi Kekerasan Muslim di China
Advertisement

Di sisi lain, mereka juga menilai RUU KPK merupakan tindakan pelemahan terhadap lembaga anti rasuah. Padahal, komitmen penguatan pemberantasan korupsi adalah amanat reformasi yang harus dipenuhi lembaga negara.

“Ini bentuk pengkhianatan reformasi. Kedatang kita untuk membantu dan memperkuat solidaritas. Lawan! Lawan! Lawan!” tegasnya.

Dalam aksinya, mereka juga mendesak aparat untuk mengusut kasus adanya  korban meninggal akibat aksi yang terjadi di berbagai wilayah. Mereka juga meneriakan kekecewaanya banyak peserta aksi yang dijegal untuk melakukan demonstrasi bersama pada hari ini.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com