Nasional

Ketum PGRI: Guru Apabila Berhenti Belajar, ya Berhenti Mengajar

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi mengatakan guru harus menjadi pembelajar sejati sepanjang hidupnya. Menurut dia, seorang guru tidak boleh berhenti belajar selama ia masih bertugas sebagai pengajar.

“Guru itu harus mau belajar setiap saat dan menyadari bahwa apabila berhenti belajar, ya berhenti mengajar,” tutur Unifah pada Republika, Ahad (24/11/2019).

Mutu pendidikan, kata Unifah terletak di kelas. Oleh sebab itu, dalam setiap pengajaran di kelas guru harus bisa mendorong sebuah proses pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa mau belajar.

Pada saat ini, sumber belajar bisa diperoleh dari berbagai sumber. Guru harus bisa menjadi pendorong agar murid bisa aktif belajar sendiri dengan pengawasan-pengawasan. Tidak hanya dari buku atau alat teknologi informasi namun juga dari alam.

“Jadi sumber bukan dari guru semata, tapi alam ini menjadi pembelajaran dan bisa dihadirkan di kelas oleh gurunya dengan menarik,” ucap dia lagi.

Ia pun menghargai komitmen pemerintah Indonesia dalam lima tahun ke depan tentang sumber daya manusia (SDM) maju Indonesia unggul. Agar itu semua tercapai, Unifah mengatakan guru menjadi kunci tujuan tersebut. Oleh sebab itu, kualitas guru harus terus ditingkatkan.

“Kami ingin mendorong, guru itu harus adaptif dan responsif sama perubahan. Artinya, dia bisa melakukan perubahan-perubahan bagaimana sejalan terutama dengan teknologi,” ujar Unifah.

rpl

Baca Juga :   Tindaklanjuti Perkembangan Proyek Kereta Api, Jurnalis Kesulitan Temui Kepala BPN Makassar

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com