News

KPI Aceh Tegur Sejumlah Radio dan Televisi Gegara Pemberitaan Kampanye Tak Berimbang

 

BANDA ACEH, EDUNEWS.ID – Komisi Penyiaran Indonesia Aceh menegur sejumlah radio dan televisi karena menyiarkan pemberitaan kampanye yang tidak berimbang.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Aceh Muhammad Hamzah, di Banda Aceh, Jumat, mengatakan teguran masih sebatas lisan belum sampai teguran tertulis yang bisa menghentikan operasional lembaga penyiaran.

“Ketika kami temukan ada pelanggaran, langsung kami tegur secara lisan. Teguran kami sampaikan karena lembaga penyiaran tidak menyiarkan berita kampanye secara berimbang,” tutur Muhammad Hamzah.

Muhammad Hamzah tidak menyebutkan secara detail lembaga penyiaran yang ditegur tersebut. Lembaga penyiaran yang ditegur tersebut ada beberapa, baik radio maupun televisi.

Pemberitaan kampanye tidak berimbang tersebut, seperti ada pasangan calon A diberitakan secara berlebihan oleh sebuah stasiun televisi. Sedangkan pasangan calon lainnya hanya diberikan sekilas saja.

Baca juga :  Gunung Sinabung Masih Berstatus Awas

Temuan serupa juga didapati pada sejumlah radio. Kegiatannya sama, tidak menyiarkan pemberitaan peserta pemilu, terutama pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

“Ada pasangan calon yang disiarkan secara berulang-ulang, tetapi pasangan calon lainnya hanya sekilas. Kami ingatkan secara lisan. Kalau masih membandel, akan kami peringatkan secara tertulis penghentian operasional penyiaran,” ucap Muhammad Hamzah.

Wartawan senior itu menambahkan, hingga kini belum ada lembaga penyiaran mendapat peringatan secara tertulis hingga penghentian operasional. Setelah mendapat teguran, lembaga penyiaran tersebut mengoreksinya dengan menyiarkan berita kampanye pasangan calon secara berimbang.

“Kami juga akan pantau di masa tenang nanti. Kami juga sudah menyurati semua lembaga penyiaran di Aceh untuk mematuhi masa tenang, tidak menyiarkan kampanye atau iklan peserta pemilu maupun caleg,” ujar Muhammad Hamzah.

Baca juga :  Banyak Warga Yakin Tak Akan Tertular Corona, Satgas Covid Diduga Kurang Sosialisasi

ant

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com