Hukum

Latar Belakang Penyidik, jadi Penyebabnya Lahirnya Friksi di KPK

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID- Beredarnya informasi soal pecahnya soliditas pimpinan di internal KPK dalam menangani berbagai persoalan dan kasus korupsi dianggap bukan isapan jempol. Bahkan, sebagian pihak menilai, perpecahan tersebut telah terjadi di para penyidik KPK.

Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia (TTI) Dadang Tri Sasongko mengatakan, salah satu faktor penyebab friksi internal di KPK adalah keragaman latar belakang para penyidiknya.

Jadi, untuk atasi friksi tersebut, KPK harus secepatnya memperbanyak jumlah penyidik internalnya. DPR kalau memang mau menguatkan KPK, harus berikan anggaran yang memadai untuk merekrut dan melatih penyidik internal KPK,” kata Dadang, dikutip dari republika.co.id, Ahad (10/9/2017).

Menurut Dadang, sepanjang friksi tersebut hanya terkait soal perbedaan taktik atau cara kerja, maka akan lebih mudah diatasi.

Baca juga :  Ketua MPR Bamsoet Sarankan Jokowi Pilih Menteri Aspiratif

“Tetapi kalau menyangkut masalah etika dan integritas personel, maka friksinya akan lebih sulit diatasi,” ucapnya.

Sebelumnya,  Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai KPK harus bisa melakukan perbaikan dan menyelesaikan masalah internal. Kalla tak menampik jika desas desus ada perselisihan internal KPK sedang menyeruak.

Kalla menilai, penguatan internal dan kekompakan menjadi modal dan kewajiban yang harus dilakukan oleh KPK. Sebab menurutnya, jika KPK hendak semakin kuat dan besar tidak boleh ada perselisihan internal.

Kalla juga mengatakan perbedaan pendapat wajar terjadi, namun ia berharap jangan sampai ada perselisihan yang berkepanjangan.

REP | EDUNEWS

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com