News

Lindungi Tukang Becak di Masa Pandemi, Relawan TurunTangan Bagikan APD

JAKARTA, EDUNEWS.ID– Kasus aktif COVID-19 di Ibu Kota saat ini tercatat 13.024 orang, Pekerja informal masih banyak yang harus bekerja di luar rumah untuk mencari nafkah, termasuk tukang becak. Di luar sana masih banyak tukang becak yang berada di Jakarta Utara bekerja tanpa menggunakan pelindung diri.

Keadaan ini membuat TurunTangan menggalang donasi lewat kanal Kitabisa.com untuk membagikan seperangkat Alat Pelindung Diri kepada tukang becak. Program Bantu Lindungi Tukang Becak ini, diharapkan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sesama, khususnya tukang becak dan juga membantu mengurangi risiko tukang becak terkena COVID-19 saat bekerja.

Total sebanyak 400 paket telah disiapkan untuk para tukang becak yang disalurkan oleh relawan TurunTangan bekerjasama dengan Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK), Serikat Becak Jakarta (SEBAJA), dan Urban Poor Consortium (UPC) pada Kamis, 22 Oktober 2020 pukul 13.00 siang.

Baca juga :  Ketua MPR Ingin Opsi Penundaan Pilkada 2020 Dipertimbangkan

Penyaluran dimulai dari SEBAJA, salah satu komunitas tukang becak, relawan menyerahkan bantuan APD kepada Bapak Idim selaku perwakilan dari SEBAJA.

Selain Itu, relawan TurunTangan juga berkeliling membagikan paket APD kepada tukang becak yang berada di Jakarta Utara.

Advertisement

“Pandemi ini adalah situasi yang sulit untuk kita semua, dengan program ini saya berharap tidak ada lagi korban tukang becak yang meninggal dunia karena tidak dilengkapi APD ketika sedang berjuang di jalan,” ujar Dio Armansyah, selaku Program Strategic Intern TurunTangan, dalam keterangannya, Kamis (22/10/2020).

Salah satu penerima manfaat, Pak Idap yang biasa mengayuh becaknya di kawasan Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara merasa senang dengan gerakan ini.

“Saya seneng banget, masih banyak yang peduli dengan tukang becak seperti kami. Saya berterima kasih karena sudah diberikan pelindung diri, kami jadi lebih tenang untuk bekerja” katanya.

Gerakan TurunTangan dan KitaBisa berharap, semua elemen masyarakat dapat bertahan dan terus berjuang untuk menghadapi pandemi yang telah berlangsung selama tujuh bulan ini.

“Tetap patuhi protokol kesehatan agar pandemi ini segera berlalu sehingga keadaan berangsur-angsur normal kembali,” harap Dio. (rls)

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com