DAERAH

LIRA Akan Laporkan Dugaan Manipulasi Data Penerima PKH Kejati

BANTAENG, EDUNEWS.ID – Rupanya imbauan dari Dinas Sosial Bantaeng terkait mengumumkan daftar nama penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) tidak dilakukan.

Sebelumnya, Plt Kadis Sosial Bantaeng, Andi Irvandi Langgara telah menginstruksikan agar data penerima PKH ditempel di kantor Desa/Lurah. “Agar masyarakat tahu siapa yang menerima,” ujarnya, Rabu (10/7/2019) lalu.

Ketua DPD Pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Bantaeng, Yuzdanar mengaku, bahwa berdasarkan penelusurannya, dari beberapa kantor desa yang dikunjunginya belum ada yang memasang daftar penerima manfaat dana bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH).

“Apa susahnya tempel daftar penerima PKH dipapan informasi. Patut kami duga ketakutan memberi informasi penerima PKH kalau program ini banyak perampok didalamnya. Sama halnya merampok hak rakyat,” cetusnya, Senin (15/7/2019).

Baca juga :  Isu Hapus Pendidikan Agama Marak, Lukman Hakim Bilang Begini

Selain itu, pihaknya pun mendapat beberapa bukti adanya penerima manfaat PKH tidak tepat sasaran.  Apalagi seyogyanya, program PKH ini diperuntukan kepada lansia, anak sekolah, disabilitas dan ibu hamil bagi masyarakat kurang mampu.

“koordinator PKH terkesan tebang pilih yang diberikan bantuan. Seperti yang kami temukan adanya warga lansia yang tinggal dirumah reok tapi tidak mendapat bantuan,” bebernya.

“Tetapi justru yang dapat bantuan (PKH) itu, keluarga yang dinilai mampu memiliki rumah dan mobil, yang notabenenya ada hubungan keluarga dengan pendamping PKH,” ungkanya.

Pria yang kerap disapa Danar pun menegaskan, “DPD Pemuda LIRA Bantaeng siap melaporkan di Kejati terkait manipulasi data dan pemotongan dana PKH. Karena bukti yang kami dapat, kami rasa sudah cukup untuk dilaporkan,” tegasnya.

Baca juga :  Fahri Sebut RUU KPK akan Disahkan Hari Ini

(Erwin)

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!