News

Lolos Jadi Peserta Pemilu 2019, Partai PSI Jadi Trending Topik

Grace Natalia

JAKARTA, EDUNEWS.id –  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia meloloskan hanya satu dari lima partai politik baru yang mendaftarkan diri menjadi berbadan hukum pada 2016, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Dari hasil verifikasi, hanya satu partai politik baru yang memenuhi syarat untuk memperoleh badan hukum, yaitu Partai Solidaritas Indonesia atau PSI yang dinilai memenuhi syarat dan ketentuan,” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada konferensi pers di Kantor Kemenhukam Jakarta, Jumat, (7/10/2016).

Yasonna mengatakan dengan lolosnya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), sudah ada 73 partai politik yang berbadan hukum.

Adapun empat partai politik baru yang tidak lolos verifikasi, yakni Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Rakyat, Partai Rakyat Berdaulat dan Partai Kerja Rakyat Indonesia.

Baca juga :  Harga Minyak Jatuh Dua Persen, Dibayangi Pengurangan Pasokan

Yasonna menjelaskan PSI dinilai memenuhi syarat dan ketentuan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 37 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pendaftaran Pendirian Badan Hukum, Perubahan AD/ART, serta Pergantian Kepengurusan Partai Politik.

Adapun sesuai ketentuan Pasal 3 UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, dinyatakan bahwa untuk memperoleh status badan hukum, partai politik harus didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Yasonna menjelaskan syarat untuk menjadi badan hukum sesuai ketentuan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, di antaranya mempunyai kepengurusan pada setiap provinsi dan paling sedikit 75 persen dari jumlah kabupaten/kota pada provinsi yang bersangkutan.

Baca juga :  Diisukan akan Digantikan oleh Ahok, Begini Komentar Ma'ruf Amin

Selain itu, paling sedikit 50 persen dari jumlah kecamatan pada kabupaten/kota yang bersangkutan.

Tim verifikasi partai politik yang terdiri dari Kemenhukam, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Politik dan Pemerintah Umum serta Kesbangpol Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan verifikasi administrasi dan faktual selama 45 hari kerja.

Lolosnya PSI menjadi parpol baru langsung menjadi perbincangan netizen di media sosial.  Bahkan,  tagar ##PSIsatu2nyaPartaiBaru

menjadi trending topic dengan jumlah tuit mencapai 6.394.

Ucapan selamat untuk PSI pun mengalir deras di Twitter.  Ketua Umum DPP PSI,  Grace Natalie langsung menyambut pengumuman lolosnya partai yang dibesutnya itu melalui cuitan di Twitter.

“Syukur kpd Tuhan, Sore ini @psi_id dinyatakan sbg satu2nya partai yg lolos verifikasi Kemenkumham #PSIsatu2nyaPartaiBaru, ” cuit Grace di Twitter.

Baca juga :  Ini Tanggapan Istana soal Rencana Laporan ACTA

Grace juga mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus PSI. “Selamat kpd semua bro&sis para pengurus @psi_id utk komitmen & krjsama selama hampir 2 thn ini #PSIsatu2nyaPartaiBaru,” ungkap Grace.

 

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com