News

Mako Brimob Rusuh, Kemenkumham Pastikan Ahok Aman

 

 

DEPOK, EDUNEWS.ID – Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto menuturkan, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok, berada dalam kondisi yang aman.

Walaupun, telah terjadi peristiwa keributan di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. “Masih aman, karena kan itu tempatnya terpisah, jadi tidak tercampur dengan (tempat) yang (untuk) teroris, di sana kan ada tempat-tempatnya,” kata dia, Rabu (9/5/2018).

Ade juga menegaskan, Rutan Mako Brimob masih dalam kondisi aman sehingga Ahok tidak perlu dipindahkan ke tempat penahanan lain dengan alasan keamanan. Namun, lanjutnya, bukan tidak mungkin terpidana kasus penodaan agama itu dipindah ke tempat lain jika suasana di Rutan Mako Brimob dianggap tidak aman.

Baca juga :  Pertama Kali, Indonesia Kini Punya Listrik Tenaga Angin, 30 Tower, Kapasitas 75 MW

“Memungkinkan (untuk dipindahkan) kalau memang di situ Pak Ahok dianggap tidak aman lagi karena ada kerusuhan tadi malam, jadi memungkinkan untuk memindahkannya. Tapi kai tetap akan berkoordinasi,” tutur dia.

Advertisement

Untuk saat ini, Ade memastikan bahwa pria yang pernah memimpin Kabupaten Belitung Timur itu berada dalam keadaan yang baik-baik saja. Sehingga, tidak ada yang perlu dikhawatirkan khalayak.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal menuturkan keributan narapidana kasus terorisme di tahanan Mako Brimob menyebabkan adanya sejumlah korban luka.

Petugas pun turut menjadi korban dalam insiden yang terjadi pada Selasa (8/5/2018) itu. “Ada beberapa korban luka, termasuk dari petugas, tapi petugas tidak mengalami luka serius,” ujar Iqbal di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu (9/5/2018) dini hari.

Iqbal belum bisa menyampaikan secara detail peristiwa yang menyebabkan korban terluka. Jumlah korban luka berikut identitasnya juga belum terungkap. Di lain sisi, Iqbal memastikan kericuhan yang diduga melibatkan petugas dan penghuni rutan itu tidak memakan korban jiwa.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com