News

Menpan RB Minta LIPI Profesional Mengelola Kebun Raya

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mendorong Kebun Raya Cibodas menjadi seperti Botanical Garden di luar negeri.

Untuk itu, LIPI yang merupakan induk dari kebun raya diharapkan tidak hanya berkutat pada penelitian, namun juga mempunyai inovasi untuk mengembangkan kebun raya. “Saya ingin kebun raya ini memberikan manfaat untuk publik tidak hanya untuk kita sendiri,” ujar Menteri Asman saat mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Kamis (22/3/2018).

Menteri Asman berharap Pemerintah Kabupaten Cianjur dan pihak pengelola Kebun Raya Cibodas dapat duduk bersama memajukan Kebun Raya Cibodas. “Bagaimana caranya agar lebih menarik dari sisi pariwisata, bisa mendorong sektor pertanian dan lain-lain,” ucapnya.

Menteri Asman juga mendorong pegawai ASN agar dapat bekerja lebih bermanfaat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan tidak hanya mengerjakan pekerjaan rutin.

Untuk itu, penelitian yang dilakukan diharapkan tidak hanya untuk pemerintah sendiri, namun juga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. Saat ini, Kementerian PANRB sedang merancang model struktur organisasi yang tepat untuk mendukung hal tersebut.

Bukan mustahil, kebun raya diarahkan ke Badan Layanan Umum (BLU) sehingga terdapat fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran dan SDM tidak hanya dari birokrat. Hal ini juga akan diterapkan pada kebun raya lainnya yakni Kebun Raya Bali, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bogor, dan Kebun Raya Cibinong.

Dia menilai bahwa kebun raya Cibodas telah memiliki daya tarik sendiri dan menyajikan pemandangan yang indah. Namun, perlu didorong dalam mempercantik dan mempublikasikannya. “Sudah bagus, cuma kemasannya saja perlu diperbaiki,” ujar Menteri.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala LIPI Bambang Subiyanto mengatakan bahwa kedatangan dan keinginan Menteri Asman tersebut dapat memberikan nilai tambah untuk kebun raya.

Baca Juga :   Rilis Terbaru Archi : Ridwan Kamil dan Sahroni Berpotensi 'Head to Head' di Pilgub DKI 2024

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com