News

Minim RTH, Kualitas Udara Jakarta Buruk

Sumber: Greenpeace (Pemantauan 22 Juni 2017)

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Daerah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta yang sangat minim, hanya sekitar 9 persen dari luas wilayah, dinilai ikut memperburuk kualitas udara Ibu Kota. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus melakukan langkah-langkah konkret agar kualitas udara tidak mengancam kesehatan warganya.

Salah satu yang mesti dilakukan, pemprov wajib mendapatkan kembali lahan yang dimiliki perorangan maupun swasta untuk menambah luas RTH yang dapat berfungsi mengurangi polusi udara.

“Udara di Jakarta masih buruk, salah satunya karena RTH masih minim baik secara kuantitas maupun kualitas. Padahal, RTH sangat besar andilnya dalam kualitas udara, sebab pohon-pohon atau tumbuhan itulah yg akan menyerap racun karbon dioksida dan diubah menjadi oksigen yang menjadi kebutuhan hidup manusia,” ujar pengamat lingkungan perkotaan, Ubaidillah, di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Baca juga :  Optimalisasi RTH Jakarta, Universitas Trilogi Luncurkan Program ‘Garashi’

Menurut dia, apabila tidak bisa memenuhi jumlah RTH ideal yakni 30 persen dari luas wilayah, Pemprov DKI harus mempertahankan RTH yang sudah ada saat ini. Salah satunya, kawasan Taman Ria Senayan yang sudah jelas tercatat dalam peraturan daerah (Perda) merupakan jalur hijau, namun dimanfaatkan oleh swasta menjadi kawasan komersial.

“Pemprov DKI maupun pemerintah pusat harus mempertahankan Taman Ria Senayan menjadi RTH. Negara tidak boleh kalah dengan korporasi atau pemodal, dengan melepas atau mengizinkan Taman Ria beralih fungsi menjadi bangunan mal, apartemen, hotel, atau apa pun itu,” tegas Ubaidillah.

Bahkan, lanjut dia, Taman Ria Senayan perlu dijadikan hutan kota seperti di Cibubur atau di Cijantung sehingga kualitas udara di Jakarta bisa terselamatkan dan menjadi lebih sehat.

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com