News

MUI Apresiasi Permohonan Maaf Ustadz Fadzlan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua, KH Saiful Islam Al Payage mengapresiasi permohonan maaf yang disampaikan dai kondang asal Papua, Ustaz Fadzlan Rabbany Garamatan terkait video viralnya yang dinilai menyinggung soal adat Papua. Menurut Kiai Saiful, video tersebut sebenarnya sudah lama tapi dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Saya bersyukur dan berterimakasih kepada Allah karena masalah Video Ustadz Fadzlan Garamatan, beliau dengan hati yang sangat mulia, hati yang sangat bersih, beliau mau minta maaf,” ujar Kiai Saiful saat melakukan tabayun bersama Ustaz Fadlan di Jakarta, Senin (2/3/2018).

Walaupun, menurut dia, sebenarnya belum tentu Ustadz Fadzlan salah dalam menyampaikan ceramahnya. Tapi, karena cintanya pada tanah Papua maka Ustadz Fadzlan mau meminta maaf kepada rakyat Papua yang merasa tersinggung dengan isi ceramahnya dalam video viral tersebut.

Baca juga :  MUI Dukung Koruptor Dihukum Mati

“Beliau anak kepala suku besar, beliau adalah putra asli Papua, beliau adalah orang yang banyak memiliki jasa juga buat pembangunan Papua, baik SDM dan sebagainya. Beliau memiliki peran yang sangat penting,” ucapnya.

Dalam pertemuan Tabayun tersebut, Ustadz Fadzlan memberikan klarifikasi dan menyampaikan klarifikasi terkait maksud dan tujuan dari ceramahnya bahwa dirinya tidak berniat menyinggung siapapun.

Karena itu, Kiai Saiful memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ustaz Fadlan. “Beliau klarifikasi, beliau mau menyampaikan unek-uneknya maksud daripada ceramah ini. Itu MU Papua memberikan penghargaan setinggi-tingginya,” katanya.

“Mudah-mudahan teman-teman, tokoh-tokoh masyarakat di Papua, tokoh politik, tokoh adat bisa menerima permintaaan maaf Ustadz Fadzlan Garamatan, sehingga tidak ada batas atau tendensi, sehingga kita bisa membangun tanah Papua di masa mendatang,” jelasnya.

Baca juga :  MUI Dukung Dana Haji Diinvestasikan

Dengan didampingi Kiai Saiful dan Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal, Ustadz Fadlan Garamatan menyampaikan permintaan maaf terhadap vidio ceramah yang berisi tentang adat Papua. Menurut dia, video tersebut sudah lama dan diviralkan oleh oknum tertentu. Bahkan ia mengaku sudah lupa di mana hal itu disampaikan.

“Saya Ustadz Fadlan Rabbani Garamatan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat adat Papua atas kesalahpahaman dalam memahami isi kandungan video ceramah saya yang telah diviralkan oleh oknum tidak bertanggung jawab,” kata Ustaz Fadlan.

Ceramah Ustaz Fadlan yang menjadi viral tersebut adalah tentang materi ‘sabun mandi’ Ustaz Fadlan. Hal ini yang membuat Ustaz Fadlan juga diberikan julukan ‘Dai Sabun Mandi’. Video viral tersebut salah satunya diunggah oleh akun Youtube, SalingSapa. Video ceramah tersebut berjudul ‘Ustaz Fadzlan Garamatan-Dakwah untuk memperbaiki negeri’.

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com