News

MUI Sulsel ajak Masyarakat dan Pemerintah Makan di Restoran Halal

Waspada Santing

 

 

MAKASSAR, EDUNEWS.ID- Majelis Ulama Indonesia (MUl) Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di rumah makan Ulu Juku Makassar, Jumat, (27/10/2017).

Kegiatan monev ini dihadiri oleh Wasekjen MUI Pusat Bidang Fatwa, KH. Salahuddin Al-Ayyubi.

Ketua MUI Sulsel Bidang Infokom, Waspada Santing mengungkapkan, dipilihnya rumah ulu Juku’ sebagai komitmen MUI dalam mensosialisasikan ‘sadar halal’ kepada masyarakat.

“Dipilihnya rumah makan ini karena ‘ulu Juku’ telah memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI,” tutur Waspada Santing.

Waspada mengungkapkan, dalam mendorong ‘sadar halal’ bagi masyarakat, MUI Sulsel akan selalu berusaha melakukan pertemuannya jika tidak dilakukan di kantor akan dilakukan di tempat yang terjamin kehalalannya.

Baca juga :  Kemenhub Sebut Lempar Uang di Jembatan atau ke Laut Dapat Ditilang

“Halal yang dimaksud adalah halal secara substantif dan administrasi. MUI punya tanggung jawab moral, karena fatwa halal tidaknya produk tertentu dikeluarkan oleh MUI,” papar Waspada.

Advertisement

Olehnya itu, lanjutnya, karena MUI punya tanggung jawab mensosialisasikan ke umat, sehingga ia berharap jika masyarakat yang ingin makan di luar rumahnya mestinya makan di rumah makan yang terjamin kehalalannya.

” Tentu rumah makan yang dimaksud adalah rumah makan yang punya sertifikat halal,” harap Waspada.

Waspada juga berharap kepada pemerintah, untuk ikut mensosialisasikan dan bertanggung jawab terhadap aturan halal tersebut.

“Pemerintah mestinya ikut punya rasa tanggung jawab untuk mengimptlementasikan, melakukan pembinaan, termasuk mendorong sertifikasi bagi produk halal serta melakukan kegiatan di tempat yang sudah terjamin kekalahannya,” tutupnya.

EDUNEWS

 

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com