Nasional

Berikut Penyebab Ponsel Melambat

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Istilah aging like a fine wine tidak berlaku untuk ponsel. Berbeda dengan minuman wine yang semakin berkualitas dengan bertambahnya umur, ponsel bertambah lambat atau lelet semakin tua.

CNNIndonesia.com merangkum penyebab utama ponsel bisa semakin lambat saat usianya semakin tua:

1. Ruang Penyimpanan Hampir Penuh

Semakin tua ponsel, semakin banyak pula ruang yang terpakai untuk menyimpan aplikasi, foto, video, dan hingga riwayat pencarian di browser.

Padahal memakai ponsel dengan ruang penyimpanan yang tinggal tersisa sedikit akan membuat ponsel melambat. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkan foto-foto, video, dan aplikasi yang memang tidak terpakai.

Apabila kenangan membuat Anda menyimpan foto dan video, Anda bisa memindahkan foto dan video tersebut ke penyimpanan cloud atau pindahkan ke komputer.

Baca juga :  Kemenkominfo : 110 Juta Pelanggan Kartu Prabayar Sudah Registrasi Ulang

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background

Penyebab umum lain yang memperlambat ponsel lama adalah menjalankan banyak aplikasi di latar belakang. Hal ini merupakan cara  jitu untuk menguras baterai ponsel Anda dengan cepat.

Anda harus akses pengaturan untuk mencari tahu aplikasi yang paling memakan baterai dan memori. Anda bisa mengakses lewat Setting  > Device Care >Battery.

3. Pembaruan Sistem Operasi (OS) dan Aplikasi Baru Memakan Memori Lebih Banyak

Jika Anda menerima pembaruan sistem operasi Android, maka pembaruan itu mungkin memang tidak cocok untuk perangkat Anda dengan RAM & ROM yang kecil. Oleh karena itu, pembaruan OS itu malah memperlambat ponsel.

Bisa juga pengembang OS itu malah menambahkan aplikasi bloatware tambahan dalam pembaruan, yang berjalan di latar belakang dan memperlambat performa.

Baca juga :  Ketum PB PMII Minta Oknum #2019GantiPresiden Pemukul Kadernya Ditangkap

Seiring berjalannya waktu, situs web menjadi lebih berat, aplikasi menginginkan lebih banyak RAM, dan gim juga semakin membutuhkan teknologi paling mutakhir.

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!